Mohon tunggu...
Suparmin
Suparmin Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik Tingkat SMA di Kabupaten Gowa, Sulsel

Tebarkanlah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Google Sites, Media Pembelajaran Abad-21

25 September 2022   08:15 Diperbarui: 25 September 2022   08:16 193 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Berbagi pemanfaatan akun belajar id

Latar Belakang

Zaman terus berubah. Pendidikan harus berubah mengikuti perubahan zaman tersebut. Jika tidak, pendidikan kita akan terus berjalan di tempat atau bahkan mengalami kemunduran. Pemerintah, Kementerian Pendidikan, Dinas Pendidikan di daerah, Sekolah, dan Pendidik harus bahu membahu dalam upaya meningkatkan proses pendidikan sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Sebagai pendidik, kita harus terus berinovasi sehingga pembelajaran di ruang-ruang kelas tetap hidup dan berpihak pada murid. Pembelajaran masa lalu dengan metode tradisional harus kita ubah mengikuti perubahan zaman. Metode ceramah, buku paket dan bentuk fisik, dan beberapa kebiasaan lain harus kita sesuaikan.

Abad 21 membawa dunia menuju digital. Segala sesuatu serba digital. Dunia seolah berada di genggaman. Apa jadinya jika pendidikan kita di abad 21 ini masih menggunakan sistem tradisional? Dapat dipastikan bahwa negara kita akan kesulitan bersaing dengan negara-negara lain dalam kancah internasional.

Pendidikan merupakan gerbang melakukan perubahan itu. Pendidikan kita arahkan ke dunia digital sehingga proses pembelajaran tidak menyimpang dari zaman peserta didik yang serba digital.

Google Sites

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mewadahi pendidik untuk berubah ke pembelajaran digital. Pada saat pembelajaran di masa pandemi, Kemendikbudristek membagikan akun belajar id kepada seluruh pendidik dan peserta didik di seluruh Indonesia. Sayangnya, akun ini masih belum digunakan secara maksimal baik oleh pserta didik maupun pendidik. Jika kita memahami, mempelajari, dan berkeinginan menggunakan akun belajar tersebut, dampaknya dalam pembelajaran luar biasa.

Salah satu fasilitas yang disiapkan oleh akun belajar id adalah Google sites. Google Sites adalah layanan website pribadi ataupun profesional yang tidak memungut biaya apa pun atau gratis. Layanan ini merupakan layanan yang dibuat oleh perusahaan Google.

Menurut Budi Harsanto dalam Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Google Sites adalah salah satu produk dari Google sebagai tools untuk membuat website. Pengguna dapat memanfaatkan Google Sites karena ia mudah dibuat dan dikelola oleh pengguna secara pribadi. Google sites memiliki berbagai macam kelebihan, diantaranya:

Dapat dimanfaatkan secara gratis.

  • Proses pembuatan website menggunakan Google sites sangat mudah.
  • Google sites memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dalam memanfaatkannya.
  • Penyimpanan data yang berkapasitas besar.
  • Mudah ditelusuri atau dibagikan ke pengguna

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan