Mohon tunggu...
Suparmin
Suparmin Mohon Tunggu... Seorang Pendidik Tingkat SMA di Kabupaten Gowa, Sulsel

Tebarkanlah kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Memahami Teks Eksposisi

21 Oktober 2020   09:40 Diperbarui: 21 Oktober 2020   09:54 32 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Teks Eksposisi
Sumber: Jagadilmu

Pengertian teks eksposisi

Tahukah Anda apa itu teks eksposisi? Apakah Anda pernah membaca teks eksposisi? Atau, Anda pernah mengungkapkan sesuatu dalam bentuk teks eksposisi? Lalu, apa kira-kira fungsi teks eksposisi? Nah, jika jawaban Anda masih berbeda-beda atau samar-samar, yuk, baca contoh teks berikut ini!

Olah Raga dapat Menjaga Kesehatan Tubuh

Olah raga memiliki khasiat yang banyak terhadap kesehatan tubuh manusia. Dengan sering berolah raga, badan lebih fresh dan fit. Hal tersebut berbeda dengan seorang yang tidak sempat melaksanakan olahraga.

Akan tetapi, terdapat beberapa hal berarti yang wajib dicermati seseorang ketika hendak berolah raga. Misalnya saja, mencermati apakah jantungnya dapat diajak berolah raga atau tidak. Sebab, tidak dapat dipungkiri jika seorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung,  akan berbahaya jika melaksanakan kegiatan olahraga, apalagi olahraga yang berat.

Oleh karena itu, tiap orang perlu mencermati hal ini secara lebih agar aktivitas olahraga yang awal mulanya bertujuan menyehatkan badan jangan sampai membahayakan badannya.

Olahraga merupakan aktivitas yang mengasyikkan untuk dilakukan. Terdapat banyak tipe serta berbagai olahraga yang dapat dijadikan pilihan. Misalnya saja, berlari, renang, push up, shit up, serta masih banyak lagi tipe olah raga yang lain. Selain sebagai kegiatan yang mengasyikkan, nyatanya, olahraga dapat pula memberikan khasiat yang baik terhadap kesehatan badan. Dengan berolah raga, badan akan kembali sehat dan bugar. Tidak hanya itu, berolah raga membuat atmosfer hati seorang menjadi lebih bahagia. Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatnya metabolisme tubuh menghindarkan seorang dari penyakit kognitif, penyusutan sistem kerja otak serta pikun.

Olahraga juga dianjurkan bagi Anda yang mengidap penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan terbentuknya penyempitan pembuluh darah sehingga menimbulkan aliran darah seorang jadi tidak lancar. Jika pengidap tekanan darah tinggi ini melaksanakan kegiatan olahraga secara rutin, hal tersebut dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh  seseorang.

Olahraga memang mempunyai khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjadikan perasaan seorang terus positif, menghindarkan seorang dari bermacam- macam penyakit, hingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia. Olahraga juga dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh seorang serta masih banyak manfaat yang lain. Sekalipun mempunyai banyak khasiat, berolah raga juga terkadang berdampak negatif bagi diri seseorang.

Nah, sebelum berolah raga, hendaknya yakinkan keadaan badan Anda dalam kondisi baik sehingga sanggup melaksanakan bermacam olahraga yang akan menguras tenaga.

(Sumber: cryptowi.com dengan beberapa pengubahan)

Teks tersebut merupakan teks yang memaparkan opini mengenai manfaat berolah raga. Penulis teks berusaha menjelaskan manfaat berolahraga disertai dengan argumen-argumen yang meyakinkan pembaca.  Argumen yang disampaikan dijelaskan secara jelas sehingga pembaca dengan mudah memahami manfaat berolahraga. Selain itu, penulis juga menyampaikan dampak negatif berolah raga, tetapi tidaklah sedetail manfaat positifnya.

Sebenarnya, kalian telah banyak mempraktikkan teks eksposisi. Misalnya, pada saat diskusi di kelas, setiap kelompok menyampaikan opini/pendapat masing-masing. Pada saat menyampaikan pendapat, pembicara pasti menyertainya dengan argumen yang bertujuan memperkuat opininya.

Nah, ternyata teks eksposisi memuat suatu isu atau persoalan tentang topik tertentu dan pernyataan yang menunjukan posisi penulis dalam menanggapi isu atau persoalan tersebut. Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan, mengklarifikasi, atau mengevaluasi sebuah persoalan atau isu tentang topik tertentu. Zainurrahman (2011: 74) memaparkan bahwa teks eksposisi adalah tulisan yang digunakan oleh penulis untuk memberikan informasi penting kepada pembaca mengenai fakta-fakta penting seperti konsep, objek, teori, dan sebagainya.

Selain itu, teks eksposisi dimaknai sebagai teks yang menyajikan gagasan suatu peristiwa yang bertujuan untuk memberitahukan peristiwa tersebut kepada orang lain. Hal ini sesuai dengan paparan Wiratno (2009: 59) bahwa teks eksposisi adalah teks yang menyajikan pendapat atau gagasan yang dilihat dari satu sudut pandang. Teks tersebut bertujuan untuk menyakinkan pihak lain bahwa pendapat atau gagasan disampaikan benar berdasarkan argumentasi atau alasan yang diajukan.

Berdasarkan pendapat tersebut, dapat dipahami bahwa teks eksposisi berisi opini yang diperkuat dengan argumen dan data. Eksposisi digunakan seseorang untuk memberikan pandangan atau pendapat mengenai suatu hal. 

Bentuk teks ini dapat digunakan dalam beberapa kegiatan, seperti pidato, ceramah, debat, dan sejenisnya. Selain itu, teks eksposisi juga dapat ditemukan pada media cetak. Oleh karena itu, eksposisi dapat disampaikan secara lisan ataupun tertulis. Sampai di sini, kalian sudah paham pengertian teks eksposisi kan?

Fungsi teks eksposisi

Fungsi utama teks eksposisi yakni menyampaikan, mengungkapkan, menerangkan, atau menguraikan suatu gagasan berupa pokok-pokok pikiran mengenai suatu topik yang bersifat nonfiksi dengan dasar argumentasi yang kuat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x