Mohon tunggu...
Ammar Ibrahim
Ammar Ibrahim Mohon Tunggu... mantap

mantap

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Indonesia Darurat Sampah Plastik

20 November 2019   09:00 Diperbarui: 20 November 2019   09:03 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sampah plastic yang kini tengah menjadi momok menakutkan bagi dunia ternyata telah merambah ke Negara Indonesia bahkan Indonesia menempati peringkat ke-2 di dunia dalam kategori jumlah polusi laut yaitu sebesar 1,29 juta ton/tahun.Pencemaran plastic yang terjadi di laut ternyata berdampak pula pada oragnisme yang berada di laut tersebut,

Seperti kasus paus sperma yang ditemukan mati dalam keadaan perut yang dipenuhi dengan sampah,Hewan tidak dapat membedakan antara makanan dan sampah plastik yang beredar karna sampah tersebut berbau makanan yang mereka kenali seperti halnya ganggang yang tumbuh subur didalam plastik menarik perhatian hewan laut dengan bau dms yang ganggang sebarkan.

Persebaran sampah plastik pun susah dicegah karna sifatnya yang susah terurai dan sangat cepat terakumulasi di lautan seperti yang diungkapkan pada analisis global pada tahun 2014 menyatakan sampah plastik di lautan berkisar seperempat miliar ton metrik.

Plastik ternyata bisa dihancurkan oleh kekuatan alam seperti halnya sinar matahari dan ombak,dalam proses tersebut lama-kelamaan plastik akan menjadi mikro plastik yang akan termakan oleh organisme yang sering kita makan sehari-hari seperti halnya ikan,apakah peristiwa tersebut berpengaruh untuk kesehatan?

Jawabannya belum jelas masih membutuhkan riset yang lebih lanjut seperti yang dinyatakan oleh Proffesor dari king college london yang menyatakan "Dalam konsentrasi yang mencukupi, bahan kimia itu bisa mencederai dan membunuh sel-sel. Sel-sel itu bisa diganti dengan sukses, tapi bisa juga tidak. (Ada) Bahaya terhadap protein, DNA, dan sebagainya. Tapi saat ini, kami tak tahu apakah itu terjadi "

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x