Mohon tunggu...
ammara syifa
ammara syifa Mohon Tunggu... Penulis - Ammara Syifa Yuniar, seseorang yang menyukai kegiatan membaca dan selalu ingin belajar menulis.

Ra, Tulisan yang baik adalah ketika kamu menulisnya, kamu tidak akan berani menghapusnya karena itu adalah kebaikan yang membawamu ke Jannah-Nya. Insyaa Allah.... Temui aku di IG @ammarass dan @yuniaraaaaaaaaa🖐

Selanjutnya

Tutup

Diary

Aku dan ODALF 075

23 Januari 2022   10:49 Diperbarui: 23 Januari 2022   11:26 982
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Ikon Grup ODALF 075/Dok Grup ODALF 075)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Bismillahirrahmanirrahim ....

"Perjalanan Ammara Gabung ODALF"

Awal gabung ODALF
Pertama kali dikenalkan ODALF itu sama teman jauh saya, dari Nusa Tenggara. Awalnya saya cuma tahu secara awam istilah ODOJ atau One Day One Juz, itu pun dipikiran saya "Wah, kayaknya saya keberatan kalau gabung ini." Saya bisa bilang gini karena dulu belum punya waktu teratur buat tilawah, paling banter juga sehari tiga lembar. Nah, bermula dari ketidaktahuan itulah, akhirnya saya dikenalkan dengan ODALF. Ternyata memang ada komunitas tilawah yang programnya nggak cuma satu hari satu juz, tapi ada pula ODALF, ODOJ Star, dll. Akhirnya, saya coba untuk memantapkan hati untuk gabung di ODALF, program tilawah satu hari lima lembar atau setengah juz. Ya, walaupun waktu itu masih mikir-mikir juga, "Saya bisa nggak, ya, punya target tilawah sehari setengah juz" Tapi akhirnya kembali lagi sama niat saya, kalau saya udah pilih sesuatu maka harus saya lakukan dengan baik, Insyaa Allah

ODALF 075

Setelah proses pemantapan hati , dan juga pendaftaran di ODALF, akhirnya saya ketemu sama teman-teman grup ODALF O75. Awal kenal tentunya sama admin grupnya yaitu Bu Romi. Bu Romi itu ramah banget sama saya, padahal awal gabung itu saya malu banget karena takut kalau nantinya bakal jadi orang terakhir yang laporan di grup. Tapi setelah dikenalin sama Bu Romi dengan peraturan di ODALF, saya langsung kepikiran untuk pinter-pinter bagi waktu buat tilawah. Dan hal lain yang bikin saya seneng juga, waktu tahu kalau Bu Romi sama-sama orang Jawa . Saya ngerasa kalau saya sama Bu Romi itu deket (padahal juga belum pernah ketemu hehe). Tapi kata Bu Romi, "Walaupun kita belum pernah ketemu, kita akan terus disatukan dengan tilawah"

Oh, iya, Insyaa Allah ini udah tahun ketiga saya gabung di ODALF, terlebihnya membersamai teman-teman 075. Semoga Allah kasih panjang umur untuk kita semua, agar kita bisa tilawah bareng-bareng dan Insyaa Allah masuk surga bareng-bareng juga. Aamiin Ya Allah ....

Bagi Waktu Tilawah
Saya gabung ODALF itu kelas satu sma. Pulang sekolah jam empat sore dan sampai rumah menjelang magrib. Jujur aja, saya sempet takut kalau tilawah saya nggak sampai setengah juz dalam sehari. Dulu, saya juga nggak terbiasa tilawah habis subuh karena keburu siap-siap buat sekolah. Baru bisa mulai tilawah habis magrib atau isya. Siklus ini saya alami dua sampai tiga bulan saya gabung ODALF, bener-bener ngejar target buat tilawah. Tapi setelah saya pikir-pikir, "Kayanya saya bisa nyambi tilawah di sekolah. Toh, jam istirahat saya juga cukup lama buat nyicil tilawah. Atau kalau lagi jam kosong atau nggak ada pelajaran, lebih manfaat kalau saya gunakan untuk tilawah." Dan Alhamdulillah niat itu bisa saya laksanakan, walaupun tetap ada luputnya. Nggak setiap hari bisa nyicil tilawah di sekolah, tapi Insyaa Allah saya berusaha meluangkan waktu untuk tilawah.

::: Karena pandemi ....
Pandemi Covid-19 membuat saya akhirnya sekolah daring dari rumah, di mana saya nggak terikat dengan kegiatan sekolah dari pagi. Jadwal daring dimulai jam 08.00 WIB, jadi saya bisa nyicil tilawah sehabis subuh tanpa buru-buru. Alhamdulillah-nya lagi karena tugas-tugas sekolah bisa dikerjain pake manage waktu sendiri, jadi saya bisa penuhi target saya sekali baca atau nggak nyicil-nyicil lagi . Pokoknya selama daring ini karena saya punya banyak waktu di rumah dan juga bisa pegang hp lebih lama, Insyaa Allah kesempatan untuk tilawah juga lebih banyak. Alhamdulillah ....

Jadi Asmin

(Ikon Grup Room Asmin FOF 02/dok Grup Room Asmin FOF 02)
(Ikon Grup Room Asmin FOF 02/dok Grup Room Asmin FOF 02)
Kalau cerita bagian ini, kadang belum nyangka karena saking senengnya hehe. Bisa jadi asmin itu karena gantiin asmin ODALF 075 yang sebelumnya yaitu Mbak Aini. Waktu itu nggak kepikiran juga sih nanya alasannya apa jadiin saya asmin, tapi kata Bu Romi ini rekomendasi dari Mbak Aini-nya langsung. Jujur aja, tawaran jadi asmin nggak saya pikir lama, karena jadi asmin juga salah satu keinginan saya ketika sudah lama gabung di ODALF. Dulu, saya lihat Bu Romi, Mbak Aini, sama Mbak Rina ngurusin ke grup itu sama dengan memegang tanggung jawab di setiap harinya. Dan ternyata waktu saya rasain sendiri, ternyata memang bener. Jadi asmin itu harus fokus ke grup; nyemangatin member buat tilawah, ngingetin buat laporan, dan kasih motivasi buat upgrade semangat. Belum lagi, laporan ke grup asmin (yang kalau untuk saya pribadi suka kelupaan hehe). Laporan asmin sebelum jam 08.00 WIB kadang suka kelupaan karena udah ketimbun sama grup-grup daring . Dan kalau kelupaan gitu, merasa bersalah banget utamanya sama Bu Romi. Pernah satu kejadian, saya lupa laporan karena ketimbun sama grup daring dan saya juga lagi ada ulangan semester, terus Bu Romi bilang, "Nggak papa, Mbak. Nggak usah dijadiin beban."

Atau kalau saya nggak kelihatan online padahal udah jam 07.00 lebih, Bu Romi minta tolong Mbak Gina, Asmin ODALF 329 (teman ngasmin saya hehe). Karena satu admin sama saya, Alhamdulillah-nya bisa bantu kalau salah satu dari kita nggak online.

Kesan bergabung ODALF
Alhamdulillah, Allah kasih saya kesempatan berada di circle orang-orang yang cinta Alquran. Salah satu hal yang harus saya syukuri bertemu dengan teman-teman ODALF yang selalu berusaha istiqamah tilawah. Di ODALF, saya nggak cuma belajar disiplin waktu tilawah, tapi juga dapet banyak manfaat yang nggak pernah saya duga sebelum saya gabung. Kayak kajian sekarang ini, dulu nggak pernah kebayang kalau komunitas tilawah juga mengadakan kajian rutin yang pastinya bermanfaat. Juga, broadcast kalimat motivasi yang dikirim ke grup tilawah, serta program-program lain yang nggak kalah manfaatnya untuk para member.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun