Mohon tunggu...
Muhammad Ammar Dzakwan
Muhammad Ammar Dzakwan Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Pengagum semesta

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Inilah Manfaat Minum Kopi yang Anda Harus Ketahui

8 September 2021   15:21 Diperbarui: 8 September 2021   19:42 229 3 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inilah Manfaat Minum Kopi yang Anda Harus Ketahui
fupef.org

Kopi, salah satu solusi penghilang kantuk yang cukup efektif ini ternyata memiliki banyak manfaat. Tak heran banyak orang yang menggemari kopi, belum lagi berbagai varian dan jenis kopi yang ada juga mempunyai estetika dan filosofinya sendiri. Namun sebelum membahas manfaat minum kopi lebih jauh, tak ada salahnya jika kita membahas sejarah kopi terlebih dahulu.

Kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia pada tahun 850 M dan ditanam di kota Harar, lalu kopi menyebar ke Mekkah dan dibawa oleh peziarah-peziarah haji ke berbagai wilayah muslim lainnya (Smith R.F, 1985). Penyebaran kopi juga cukup masif di dunia Islam sebagai pengganti minum-minuman beralkohol yang diharamkan. Kopi juga mulai menyebar ke Eropa saat Kesultanan Turki Usmani berkuasa di abad 15. Saat itu, kebiasaan meminum kopi identik dengan kemegahan di Kesultanan Turki Usmani sehingga banyak orang-orang Eropa yang menirunya.

Saat ini, tren kopi tengah digandrungi anak-anak muda. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kedai-kedai kopi yang bermunculan, kebanyakan pengunjungnya merupakan anak muda generasi Y dan Z. Namun, alangkah baiknya jika anak-anak muda ini juga mengetahui apa saja manfaat dari meminum kopi. Oleh karena itu, mari kita bahas bersama apa saja manfaat dari minum kopi.

Manfaat minum kopi secara rutin

Selain bisa meningkatkan energi dan penghilang rasa kantuk, ternyata minum kopi juga mengurangi risiko beberapa penyakit. Kopi dipercaya dapat mengurangi risiko stroke pada wanita, kanker kolorektal, diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi, serta obesitas dan depresi (Wachamo HL, 2017). Melansir dari klikdokter, kopi juga memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Hidup lebih lama
  • Menurunkan risiko gagal jangtung, parkinson, dan alzheimer
  • Menyehatkah organ hati
  • Membuat DNA lebih kuat
  • Memicu rasa bahagia

Beberapa manfaat di atas rata-rata disebabkan oleh kandungan kafein yang terdapat dalam kopi. Hal ini dikarenakan kafein menstimulasi sistem saraf pusat dan diserap ke jaringan-jaringan tubuh.

Minum kopi juga bermanfaat bagi ibu hamil

Mengonsumsi Kopi dalam takaran tertentu ternyata juga bermanfaat untuk ibu hamil lho. Melansir dari laman healthline,  takaran kopi maksimal bagi ibu hamil adalah 200mg per harinya. Berikut adalah manfaat mengonsumsi kopi bagi ibu hamil dengan takaran yang tepat:

  • Meningkatkan energi dan fokus                                                                                                                                                                                            Energi dan fokus yang cukup tentunya sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, terutama untuk yang masih bekerja walau hamil. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi akan bekerja sebagai stimulan, sehingga dapat meningkatkan energi serta kinerja otak dan saraf pusat dalam jangka waktu tertentu.
  • Mengurangi risiko nyeri dan sakit kepala                                                                                                                                                                          Sudah tidak heran bagi kita bahwa ibu hamil sering mengalami nyeri dan sakit kepala. Hal ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, meningkatnya volume darah, atau juga bisa karena berat badan yang berubah. Kopi ternyata mampu mengurangi risiko terjadinya nyeri dan sakit kepala, dan akan semakin efektif bila ibu hamil juga mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, apapun obat yang diminum tetap harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
  • Mengurangi risiko peradangan                                                                                                                                                                                              Antioksidan yang terkandung dalam kopi diketahui mampu mengurangi risiko peradangan dan mencegah kerusakan sel.

Namun, minum kopi bagi ibu hamil juga tak bisa lepas dari bahaya, dan bahkan tak jarang bisa menyebabkan keguguran. Berikut adalah akibat dari mengonsumsi kopi lebih dari takaran maksimal (200 mg) bagi ibu hamil:

  • Berat badan bayi di bawah rata-rata
  • Rasa cemas
  • Jantung berdebar tak menentu
  • Susah tidur
  • Diare

Minum kopi juga bermanfaat untuk kesehatan mental

Di tengah-tengah pandemi ini, kesehatan mental sangat penting untuk tetap terjaga agar kita tidak stres dan tidak terserang penyakit. Dengan mengonsumsi setidaknya 2 cangkir kopi per hari dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental. Dari sebuah studi lembaga kesehatan nasional di Korea,  orang yang minum kopi 2 cangkir sehari dapat menurunkan tingkat depresi hingga 32% dibanding orang yang tidak meminum kopi. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan mental:

  • Kopi dapat mengurangi oksidasi                                                                                                                                                                                              Riset menunjukkan bahwa orang yang depresi mengalami peningkatan level oksidasi dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam kopi mampu mengurangi oksidasi sehingga depresi dapat dihindari
  • Kafein mampu menghalangi zat kimia dalam otak yang menyebabkan depresi                                                                                              Kafein dalam kopi akan menghadang reseptor dalam otak yang membawa zat kimia (adenosine) yang dapat menyebabkan penurunan mood.
  • Dampak positif kopi pada kesehatan usus juga bermanfaat bagi kesehatan mental                                                                                Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan tingkat depresi. Beberapa kandungan dalam kopi akan membantu probiotik dalam memperbanyak asam lemak dan neurotransmitter yang mana sangat bermanfaat untuk kesehatan mental.

Minum kopi sebelum olahraga tidak boleh? Siapa bilang?

Pasti anda sering sekali mendengar bahwa kopi tidak baik diminum sebelum olahraga. Padahal untuk meningkatkan kinerja olahraga dibutuhkan stimulan yang cukup agar workout yang kita lakukan bisa maksimal. Biasanya stimulan ini terdapat dalam suplemen atau susu olahraga yang tentunya memiliki efek samping tersendiri.

Lalu adakah stimulan yang alami? Ya ada, dan jawabannya adalah kopi. Ternyata kopi memiliki kandungan stimulan yang sama dengan suplemen untuk olahraga. Jadi, kopi dinilai efektif untuk membuat workout kita menjadi maksimal, asalkan jika dikonsumsi tanpa gula dan dibarengi dengan makanan. Berikut ini adalah manfaat meminum kopi sebelum olahraga yang anda harus ketahui:

  • Efektif dalam membakar lemak                                                                                                                                                                                      Tingginya kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan efektivitas dalam membakar lemak. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi saat pagi hari juga akan membuat anda lebih sedikit mengonsumsi kalori di siang hari nya. Hal itu disebabkan karena kafein dapat mengurangi nafsu makan.
  • Kopi dapat meningkatkan metabolisme                                                                                                                                                                                     Di saat kita menggunakan atau membakar energi kita, di saat itu lah kopi bekerja untuk meningkatkan metabolisme.
  • Meningkatkan konsentrasi                                                                                                                                                                                           Konsentrasi tentunya sangat penting agar olahraga menjadi maksimal. Dalam hal ini, kopi hadir sebagai solusi. Kafein dalam kopi akan menjadi stimulan alami yang akan meningkatkan fungsi dan kinerja otak.
  • Mengurangi risiko nyeri otot                                                                                                                                                                                                       Bagi orang yang sudah dewasa, nyeri otot biasanya sering terjadi setelah berolahraga. Namun bagi orang dewasa yang ingin berolahraga tidak perlu khawatir lagi, karena ternyata dengan meminum 2 cangkir kopi sebelum olahraga dapat mengurangi nyeri otot.

Namun perlu diperhatikan, untuk meminum kopi sebelum olahraga harus dilakukan dalam waktu yang tepat. Normalnya kafein diproses tubuh kita dalam jangka waktu 15-45 menit, dan mencapai puncak stimulasi dalam 30-75 menit. Dengan kata lain, kopi baik dikonsumsi sebelum setidaknya 1 jam sebelum olahraga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan