Mohon tunggu...
Ammaliia
Ammaliia Mohon Tunggu... Lainnya - SOSIOLOGI 4 C 1806026125

Mahasiswa FISIP UIN WALISONGO SEMARANG

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kehidupan Before After Menjadi Ojol (Ojek Online)

9 Mei 2020   08:10 Diperbarui: 9 Mei 2020   08:07 1596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perlahan masyarakat sudah mulai akrab dengan OJOL atau ojeg online, saat ini menjadi ojol adalah salah satu pekerjaan  alternative bagi siapa saja. Bagaimana tidak, bahkan sesorang yang sudah mempunyai pekerjaan tetap seperti staff ataupun pekerjaan yang lainnya pun masih bisa melakukan pekerjaan tambahan ojek online ini di waktu senggang setelah bekerja ataupun hari-hari tertentu seperti weekend. aplikasi gojek yang mana aplikasi tersebut sangat membantu dan menunjang kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya kehidupan sebelum dan sesudah seseorang bergabung dengan perusahaan tersebut.

Perusahaan gojek sangat membantu masyarakat yang sulit mencari pekerjaan karna dengan menjadi mitra gojek persyaratan yang diajukan sangat mudah sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan pendapatan yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, pendapatan yang mereka peroleh perhari pun mulai dari Rp.150.000 – Rp.300.000 bahkan beberapa customer pun memberikan tip terhadap driver sehingga memberikan tambahan pendapatan kepada driver ojek online.

Dalam penggunaan aplikasi ini pun customer memberikan penilaian terhadapat driver sehingga dapat menilai performa driver tersebut, dalam perusahaan gojek pun mereka harus melakukan pekerjaan sesuai ketentuan yang sudah di berikan kepada driver seperti istilah tupo (tutup point) sehingga driver pun akan mendapatkan bonus dari perusahaan gojek.

Dalam aplikasi gojek pun bukan hanya goride (ojek yang mengantarkan penumpang), ada beberapa pilihan seperti gofood (mengantarkan pesanan makanan) dan gosend (mengantarkan paketan). Jika dilihat keuntungan mana yang lebih banyak didapat adalah driver goride karna lebih mudah mendapatkan customer dan bisa cepat untuk mendapatkan point perharinya sesuai dengan yang sudah di tentukan oleh perusahaan gojek.

Adapun dengan mitra driver gofood mereka juga mudah untuk mendapatkan orderan tetapi kendala yang sering mereka hadapi adalah ketika sudah memesan makanan beberapa customer sering membatalkan orderannya tersebut karena beberapa customer sering merasa menunggu terlalu lama makanan yang mereka pesan. Hal ini sangat merugikan pihak driver gofood karena waktu yang terbuang dan uang yang sudah dibayarkan menggunkan uang cash driver. Tetapi dengan adanya pembayaran menggunakan gopay sangat membantu driver jika ada customer yang membatalkan karena tidak merugikan uang dari driver tersebut.

Jika kita berbicara perubahan teknologi terkini pun sangat membantu masyarakat dalam melakukan hal apapun hanya dengan smartphone semua bisa didapatkan khususnya aplikasi gojek. Hal ini sangat membantu kebutuhan beberapa orang yang melakukan pekerjaan sebagai driver gojek karena bisa dikerjakan diwaktu kapan saja dan dimanasaja bahkan yang lebih menguntukan adalah dengan adanya intensif untuk driver yang sudah mendapatkan customer yang sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Perubahan pendapatan bagi mereka yang melakukan pekerjaan sebagai driver gojek pun sangat terlihat, sebelum mereka bergabung menjadi mitra gojek mungkin sulit untuk mendapatkan penumpang bagi ojek pangkalan namun sekarang pendapatan mereka cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan mereka bisa menabung dari sisa hasil tersebut, tak hanya itu saja dari beberapa driver mengatakan bahwa penghasilan perhari sudah lebih dari cukup untuk kalangan seperti saya ujarnya”.

Peluang juga sangat beragam beberapa yang sudah di sebutkan di atas seperti gofood dan lainya,  keuntungan tersebut juga dapat menjadi acuan utama untuk menjadi driver ojol, jam kerja juga lebih fleksibel semua driver bebas bekerja tanpa ada batasan waktu yang di tentukan,walaupun sudah bergabung dengan perusahaan gojek tetap saja beberapa juga ada kendala dan keluhan yang tak terduga, contoh seperti aplikator dari pihak gojek merubah bonus secara sepihak.

Gojek sebagai sebuah perusahaan besar di asia yang memecahkan salah satu masalah di Indonesia bagi kalangan bawah, dengan memepertemukan antara kebutuhan sumber daya dan masyarakat, menciptakn inovasi baru dengan menggunakan smartphone dan sangat membantu masalah ekonomi di Indonesia, teknologi yang memfokusan pada kebutuhan masyarakat.

Kehidupan setelah bergabung dengan perusaahan tersebut sangat menunjang kehidupan masyaraat, seperti yang dulunya dia tidak memiliki pekerjaan, dengan adanya perusahaan ini mereka mendapatkan pekerjaan dan mempunyai penghasilan.dan bisa menyekolahkan anak anaknya khususnya bagi yamg sudahberumah tangga.

Kesimpulan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun