Mohon tunggu...
Amiya Fajrin
Amiya Fajrin Mohon Tunggu... Mahasiswi Angkatan 2016 Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang

KKN Universitas Negeri Malang 2019 Desa Sukoraharjo, Kepanjen, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Semangat Para Siswa dalam Mengikuti Sosialisasi PHBS di SDN 1 Sukoraharjo dan SDN 3 Sukoraharjo

23 Juni 2019   21:08 Diperbarui: 1 Juli 2019   18:38 111 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melaksanakan program kerja Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada dua sekolah dasar yang ada di Desa Sukoraharjo yaitu di SDN 1 Sukoraharjo dan SDN 3 Sukoraharjo. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu selain mahasiswa KKN berbagi pengetahuan dan menerapkan ilmu yang diperoleh, mahasiswa KKN UM juga ingin membantu peran orang tua dan guru dalam menerapkan sadar kesehatan pada anak usia dini.

Pada SDN 3 Sukoraharjo dilaksanakan dua hari, pada hari pertama dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2019 dibuka dengan upacara penyambutan oleh Kepala Sekolah. Selanjutnya, mahasiswa KKN menuju pada setiap tingkatan kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Dimana pada tiap tingkatan kelas didampingi oleh 3-4 mahasiswa sebagai pemateri. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara out-door

Materi yang disampaikan pada hari pertama yaitu tentang cuci tangan pakai sabun, konsumsi jajanan sehat, penggunaan jamban sehat dan pentingnya olahraga. Praktik cuci tangan yang baik dan benar juga dilaksanakan pada hari pertama. 

Pelaksanaan pada hari kedua dilakukan secara in-door, sebelumnya dilakukan kerja bakti terlebih dahulu, setelah itu penyampaian materi seperti pemberantasan jentik nyamuk, kebiasaan merokok, buang sampah dan pentingnya pengukuran tinggi serta berat badan. "Kegiatan ini sangat bermanfaat dan mendukung sekolah yang baru menerapkan PHBS di sekolah, sehingga sekolah merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini", ujar Endah Wahyuningsih selaku Kepala Sekolah Dasar Negeri 3 Sukoraharjo.

dokpri
dokpri
Pada tanggal 17 Juni 2019 Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang melaksanakan program kerja Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di SDN 1 Sukoraharjo yang diikuti oleh siswa kelas 3 sebanyak 33 siswa. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara in-door dengan materi yang sama seperti di SDN 3 Sukoraharjo. Praktik cuci tangan pakai sabun juga dilakukan. "Senang ada kegiatan yang kayak gini, senang bisa kenal kakak-kakak" ujar Vian salah satu siswa SDN 1 Sukoraharjo.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Penulis : Widyaningrum Tami Lestari dkk

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x