Mohon tunggu...
Amiruddin Hasan
Amiruddin Hasan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam

Lakukan apa yang mestinya dilakukan dengan semaksimal mungkin dan lakukanlah yang terbaik. Ingat, ini bukan panggung hiburan yang begitu menyenangkan.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Webinar Ilmiah HMPS AFI Suska Riau: Get Acquainted With Philosophy

9 Agustus 2022   13:22 Diperbarui: 10 Agustus 2022   05:24 73 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen HMPS AFI Suska

Istilah filsafat banyak memberikan pengertian dan makna yang begitu luas. Sehingga, sampai saat ini filsafat merupakan wacana yang tidak ada habis-habisnya untuk diperbincangkan sampai saat ini. 

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, banyak kita jumpai narasi-narasi yang mengatasnamakan agama mengungkapkan bahwa filsafat tidak relevan untuk dipelajari, bahkan sebagian mereka menghukumi HARAM mempelajari filsafat. 

Maka dalam menghadapi problematika yang ada, Himpunan Mahasiswa Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Suska Riau mencoba mengadakan webinar ilmiah dengan mengangkat tema : "Get Acquainted With Philosophy (Pengantar Filsafat Sebagai Akar dari segala Ilmu dan Inovasi).

Tema tersebut diangkat untuk menjawab tantangan zaman tentang kerancuan mahasiswa pada umumnya dan masyarakat khususnya dalam memahami dan memaknai istilah Filsafat. Dalam webinar kali ini HMPS AFI Suska Riau menghadirkan seorang pemateri yang begitu luar biasa, yaitu Dr. Rina Rehayati, M. Ag, beliau merupakan Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau.  

Beberapa penelitian yang pernah ditulisnya antara lain: Konsep " Kuasa" menurut Friedric Nietsche (1844-1900) dan Michel Foucault (1926-1984), "Kebebasan" dalam Filsafat Eksistensialisme: Suatu upaya dalam mewujudkan manusia yang bereksistensi dan bertanggung jawab, Manusia sebagai Eksistensi dalam Filsafat Eksistensialisme Soren Kierkegaard (1813-1855). 

Dokpri
Dokpri

Secara bahasa filsafat berasal dari bahasa Yunani, yaitu philein, philos, filo yang berarti mencintai, dan shopos, sophia, sofia yang berarti kebijaksanaan. Dengan demikian filsafat secara bahasa berarti cinta akan kebijaksanaan, atau cinta pada pengetahuan yang bijaksana. Namun secara istilah filsafat dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari dengan sungguh-sungguh hakikat kebenaran segala sesuatu.

Dari pengertian secara istilah tersebut, maka tidak heran banyak macaman filsafat, seperti filsafat Etika, Filsafat Logika, Filsafat Metafisika, bahkan di sosial media banyak kita jumpai istilah Falsafah (Filsafat) Kopi, Filsafat Sepatu dan lain sebagainya. Karena memang pada dasarnya filsafat mencoba memaknai dan memahami secara mendalam tentang hakikat kebenaran segala sesuatu. 

Maka jika dikatakan bahwa dari filsafat akan terlahir berbagai macam ilmu itu sah-sah saja, karena banyak kita temui para filosof terdahulu yang menemukan berbagai persoalan ilmu pengetahuan, mulai tentang permasalahan matematika, fisika, biologi, dan lainnya. 

Untuk memudahkan dalam memahami pengertian filsafat tersebut, maka pengertian filsafat dapat dibedakan menjadi :
Pertama, Filsafat sebagai suatu produk, yakni pengertian filsafat sebagai hasil pemikiran seorang filsuf atau yang ada dalam suatu kelompok masyarakat tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan