Mohon tunggu...
Amir Tengku Ramly
Amir Tengku Ramly Mohon Tunggu... Dosen - Lecture, Trainer, Asesor

Kepala Pusat Studi SDM SPS UIKA Bogor. Founder Pumping HR Institute, Trainer Nasional lisensi BNSP, Penemu konsep belajar Pumping HR Model. Aktifitas www.amirtengku.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

MSDM dan Globalisasi

15 September 2016   11:35 Diperbarui: 9 Januari 2018   09:39 3785
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Amir Tengku Ramly

(kepala Pusat Studi SDM SPS UIKA-Bogor)

Sumberdaya manusia tidak terpisah dengan manajemen SDM.  Sebagai faktor produksi dan atau aset suatu organisasi SDM akan sangat ditentukan oleh manajemen SDM (MSDM) itu sendiri. MSDM konvensional memandang SDM adalah faktor produksi sedang MSDM strategik melihat SDM adalah aset paling berharga bagi perusahaan/organisasi.  

Dengan MSDM yang tepat SDM organisasi akan berdaya guna dan fokus pada pencapaian tujuan organisasi.  Bicara MSDM kita bicara efektifitas, efisiensi, prosuktifitas, kualitas kerja, kompetensi, keunggulan kompetitif dan kinerja.  Dengan MSDM yang efektif, maka peran-peran SDM mampu berkinerja tinggi dan menjadikan organisasi memiliki daya saing dan berkembang dalam tujuan organisasi strategik.

SDM dan MSDM dapat diibaratkan sebagai “pengendara dan kendaraan nya”  saling menentukan dan menguatkan satu sama lain, SDM berkualitas tanpa manajemen akan menjadi kekuatan potensi yang tidak memiliki daya gerak,  tidak akan memiliki arah pencapaian tujuan yang baik. 

 MSDM yang baik tanpa SDM berkualitas seperti mobil canggih yang dilengkapi teknologi tinggi tetapi tidak bisa bergerak hanya menjadi pusat kekaguman saja. SDM dan MSDM saling menguatkan dalam pencapaian tujuan individu dan organisasi/perusahaan.

MSDM dan GLOBALISASI

Dalam buku Grand Strategy Indonesia, Guru saya Dr. Erman Suparno (2010) mengatakan bahwa globalisasi bagaikan pisau bermata dua, disatu sisi telah berhasil menyusutkan dunia yang kecil menjadi lebih kecil, sekaligus menyederhanakan arena persaingan, antara individu dan antara bangsa-bangsa secara global.  

Namun disisi lain,  globalisasi juga telah mengakibatkan tidak meratanya kepemilikan informasi dan menyebabkan kegagalan pasar sebagai institusi sosial.  Dr. Erman menegaskan bahwa globalisasi dengan sistem pasar yang terlalu bebas tanpa campur tangan pemerintah, menciptakan negara kaya, tetapi dengan rakyatnya yang tetap miskin.

Disinilah peran penting MSDM dalam mengelola SDMnya sebagai aset organisasi untuk memiliki kesiapan berdaya saing kompetitif, yang tidak hanya untuk tujuan memperoleh laba dan keuntungan organisasi tetapi juga mengelola perilaku (moral), sikap (mental) dan pengetahuan (lokal dan global) SDM nya untuk bersaing dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia (mengedepan nasionalisme yang utuh).

Tugas MSDM disamping mengelola SDM nya untuk siap bersaing secara usaha, secara global dan secara teknologi juga memiliki peran memperjuangkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kancah globalisasi bangsa. Bagaimana seefektif mungkin MSDM dengan dukungan profesional-profesional anak bangsa mampu mengglobalkan budaya, dan nilai-nilai luhur bangsa serta nilai-nilai moral dan spiritualitas dalam globalisasi dunia. Sehingga budaya Indonesia, sikap dan perilaku baiknya menjadi kebutuhan masyarakat dunia.

Agar tujuan perusahaan dapat dicapai secara global, maka fungsi SDM harus terintegrasi dengan proses manajemen strategik perusahaan (MSDM), artinya bahwa seorang manajer sumber daya manusia harus:

  1. Memiliki input perencanaan strategik, baik itu berupa manusia yang terkait dengan masalah bisnis maupun kemampuannya dalam menjabarkan alternatif strategik tertentu.
  2. Memiliki pengetahuan tentang tujuan strategi perusahaan.
  3. Memahami tipe ketrampilan, pola perilaku serta sikap yang dibutuhkan untuk mendukung rencana strategik.
  4. Mengembangkan program untuk memastikan bahwa para karyawan atau pekerja yang ada benar-benar memiliki ketrampilan, perilaku dan sikap yang dibutuhkan oleh perusahaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun