Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Bahagiakan Hidup, Pilih yang Dibikin Simpel dan Anti Ribet

6 Juni 2019   15:53 Diperbarui: 6 Juni 2019   15:59 0 2 0 Mohon Tunggu...
Bahagiakan Hidup, Pilih yang Dibikin Simpel dan Anti Ribet
Sumber gambar: idntimes.com

Dunia saat ini mulai memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah hidup manusia. Tak terkecuali dalam dunia perbankan dan dunia keuangan pada umumnya. Sudah bukan jamannya lagi sistem dan prosedur yang berbelit-belit dan memakan waktu lama.

Masyarakat, khususnya konsumen menginginkan layanan dan transaksi yang mudah, cepat, murah dan aman. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi dunia perbankan untuk selalu berusaha memberikan kepuasan kepada konsumen, bahkan memanjakan konsumen. Apalagi dengan makin menjamurnya usaha di sektor industri teknologi dan keuangan (financial and technology/fintech) yang memberikan layanan relatif sama dengan perbankan. Akan terjadi persaingan yang sehat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Layanan Perbankan yang #DibikinSimpel dan #AntiRibet

Kini kalangan perbankan berlomba-lomba memberikan pelayanan yang paling memudahkan dan paling dekat dengan nasabah. Layanan melalui telepon seluler (ponsel) khususnya berjenis telepon pintar (smartphone) telah menjadi kebutuhan yang sangat penting. Berberkal ponsel yang selalu dibawa kemana-mana bahkan selalu berada di genggaman atau minimal di kantong pakaian, nasabah bisa mengakses layanan perbankan hingga bertransaksi dengan mudah, cepat dan aman.

Semua bank sudah memiliki layanan aplikasi mobile banking berupa sms banking dan internet banking ataupun integrasi keduanya. Akan tetapi, hanya yang paling mudah, cepat, aman dan menguntungkan, yang akan menjadi pilihan, andalan bahkan kesayangan nasabah/masyarakat. Mungkin salah satunya adalah seperti BCA mobile, aplikasi perbankan dari Bank BCA yang telah menjadi pilihan dari sangat banyak masyarakat Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan BCA mobile memberikan kemudahan, kecepatan, keamanan bahkan keasyikan dalam mengakses layanan perbankan. Tidak hanya nasabah yang mempunyai rekening di Bank BCA, masyarakat yang bukan nasabah BCA pun tetap bisa menggunakan dan memanfaatkan layanan digital dari Bank BCA. Apalagi Bank BCA juga sudah bekerja sama dengan banyak pelaku usaha dari industri fintech.

Masyarakat yang ingin mengakses layanan Bank BCA, tinggal install aplikasi BCA Mobile dan atau Sakuku di smartphone. Tidak pakai lama, maka layanan perbankan dan transaksi keuangan dari Bank BCA yang sengaja #DibikinSimple dan #AntiRibet dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, kapan saja dan dimana saja. Selain itu juga masih ada layanan non tunai berupa Kartu Flazz BCA yang bisa digunakan berbelanja di puluhan ribu merchant dan pastinya layanan perbankan konvensional tetap diberikan sesuai kebutuhan masyarakat.    

Fitur-fitur BCA mobile yang sangat mudah digunakan untuk bertransaksi dengan cepat dan aman antara lain:

  • Pembuatan/pembukaan rekening tanpa harus datang ke Bank. Baik untuk pertama kalinya membuka rekening ataupun yang membuat rekening kedua, rekening cadangan, rekening investasi atau untuk keperluan lainnya, cukup dilakukan dengan BCA mobile di smartphone. Bisa dilakukan dimana saja selama masih terhubung dengan jaringan internet. Tidak perlu ribet bin repot yang memakan waktu, tenaga dan ongkos dengan datang ke kantor bank seperti jaman dahulu.
  • BCA Keyboard. Saat sedang asyik chatting dengan keluarga ataupun lagi konsentrasi diskusi di WAG tetap bisa sambil melakukan transaksi perbankan yang mendadak seperti transfer uang/dana. Tak perlu lagi meninggalkan diskusi karena harus membuka aplikasi perbankan apalagi harus datang ke bank. Cukup mengakses fitur BCA Keyboard yang menyediakan jalan pintas (Short cut) layanan perbankan tanpa harus menutup aplikasi chatting yang sedang berjalan.
  • BCA QRku. Sangat memudahkan untuk transfer uang/dana tanpa harus mengetik rekening yang beresiko salah ketik sehingga memakan waktu yang lama. Informasi terkait rekening telah dirangkum dalam kode QR yang tinggal discan melalui kamera ponsel. Kode QR tinggal disimpan ke dalam galeri ponsel yang bisa dipakai sewaktu-waktu atau dikirimkan ke ponsel yang lain.
  • Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu. Kini tidak perlu kuatir lagi jika berada dalam situasi lupa membawa uang tunai dan atau ketinggalan dompet yang berisi kartu-kartu non tunai dan uang tunai. Cukup gunakan fitur tarik tunai tanpa kartu di BCA mobile untuk mendapatkan kode khusus penarikan uang tunai di ATM BCA yang ada fitur layanan tarik tunai tanpa kartu.

---

Teknologi digital sangat memungkinkan bagi perbankan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya. Jika ada Bank yang mampu memberikan pelayanan terbaik bahkan memanjakan konsumennya, apalagi memberikan banyak keuntungan, maka tentu saja konsumennya menjadi bahagia dan menceritakan kebahagiaan tersebut kemana-mana. Hal ini akan menarik minat masyarakat lain untuk ikut menjadi konsumen Bank tersebut agar bisa merasakan kebahagiaan yang sama.

Infografik keunggulan BCA mobile di Indonesia (Sumber: katadata.co.id)
Infografik keunggulan BCA mobile di Indonesia (Sumber: katadata.co.id)
---

FB Penulis: Amirsyah

VIDEO PILIHAN