Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Administrasi - Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Senangnya Tulisan Tayang di Kompas.com

4 Februari 2019   11:07 Diperbarui: 4 Februari 2019   11:12 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Capture Indeks Berita dan Tulisan yang Tayang di Kompas.com (Dokpri)

Pagi hari ini saya sangat surprise saat membuka Kompas.com di layar ponsel. Lagi asyik melihat indeks berita untuk mencari yang menarik dibaca, ternyata ada tulisan saya di Kompasiana yang nongol bersama berita dan informasi Kompas.com lainnya. Tulisan itu berjudul "Sekilas tentang Yield (Bunga Obligasi). Sontak membuat saya lebih bersemangat di Hari Senin ini yang merupakan Hari Kejepit Nasional. :)

Segera saya akses artikel tersebut dari halaman Kompas.com, dan saya pun baru tahu jika artikelnya mendapat predikat Headline atau Artikel Utama. 

Padahal saya membuatnya pada Hari Sabtu tanggal 2 Februari 2019 dan tidak berapa lama setelah dipublish mendapatkan predikat Highlight atau Pilihan. 

Dan ternyata sekitar dua hari kemudian, predikatnya meningkat menjadi Artikel Utama dan tayang di Kompas.com pula! Sungguh penambah semangat sempurna di hari pertama masuk kantor setelah liburan. :D

Inilah yang menjadi salah satu keunikan menulis di Kompasiana. Kita hanya perlu berusaha menulis saja dan setelahnya serahkan saja pada pengelola atau admin Kompasiana, terserah hendak memberikan predikat ataupun tidak. 

Juga serahkan saja pada para publik pembaca yang akan memilih apa saja yang hendak dibacanya baik untuk hiburan semata ataupun menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. 

Dengan demikian menulis membuat kita menjadi bahagia, tanpa harus terbebani target ataupun motivasi tertentu. Syukur-syukur jika bisa bermanfaat bagi orang lain, meskipun hanya satu orang saja.

Keunikan Kompasiana ini membuat saya selalu merekomendasikannya pada mereka yang tertarik untuk menulis. Saat ditanya bagaimana caranya menulis yang bagus dan menarik? 

Saya tidak bisa menjawabnya berdasarkan pengalaman menulis sendiri karena bisa sangat subjektif dan rawan membuat saya menjadi kegeeran merasa tulisannya sudah bagus dan menarik. :P

Jawaban yang saya berikan selalu sama. Tuliskan saja di Kompasiana! Nanti tinggal tunggu reaksi dari Admin Kompasiana, apakah akan diberikan predikat Pilihan, Artikel Utama ataukah tidak. 

Bila mendapatkan predikat Pilihan apalagi Artikel Utama, maka bisa jadi itu pertanda tulisannya bagus, menarik dan bermanfaat. Bila pun tidak mendapatkan predikat, maka masih ada pembaca Kompasiana yang akan menjadi jurinya yang bisa dilihat dari jumlah pembaca, nilai yang diberikan ataupun komentar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun