Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Keindahan Bawah Laut Pantai Walengkabola

13 Januari 2019   18:35 Diperbarui: 13 Januari 2019   18:49 272 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keindahan Bawah Laut Pantai Walengkabola
Terumbu Karang di Walengkabola Pulau Muna

Di Pulau Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, terdapat banyak tempat wisata alam yang indah dan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Walengkabola. Di Pantai Walengkabola kita bisa bersantai menikmati keindahan pemandangan pantai. Selain itu ada satu hal yang jangan sampai terlewatkan yaitu melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang luar biasa, dengan aneka macam terumbu karang beserta ikan-ikan beragam jenis, bentuk, corak dan warna-warni.

Pantai Walengkabola berada di Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna. Berjarak sekitar 72 km dari Kota Raha, Ibu Kota Kabupaten Muna. Pulau Muna adalah wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara yang terdiri dari dua Kabupaten yaitu Kabupaten Muna dan Kabupaten Muna Barat.  

Hiking, pemanasan menuju tempat snorkeling
Hiking, pemanasan menuju tempat snorkeling
Untuk mencapai Pantai Walengkabola memerlukan waktu sekitar satu jam lebih perjalanan darat. Jangan kuatir dengan kondisi jalanannya karena relatif mulus yang membuat nyaman perjalanan. Hal ini berkat pembangunan insfrastruktur jalan yang terus dilakukan Pemerintah Daerah yang sumber dananya berasal dari alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik. Hanya memang perlu ekstra hati-hati dalam berkendara karena melewati perkampungan penduduk dimana banyak lalu lalang warga dan juga hewan ternak yang kadangkala melintas.

Tempat snorkeling berjarak sekitar 300 meter dari tempat parkir mobil. Diperlukan jalan kaki yang rutenya naik turun menapaki bukit-bukit karang. Perjalanan ini anggap saja seperti melakukan pemanasan sebelum berenang. Waktunya kurang lebih sepuluh menit saja.

Menikmati udara segar sambil memandangi spot snorkeling.
Menikmati udara segar sambil memandangi spot snorkeling.
Pantai Walengkabola berpasir putih dan lumayan landai. Untuk menikmati pemandangan bawah lautnya, kita tidak perlu jauh-jauh sampai ke tempat yang dalam. Di dekat pantai dengan kedalaman air setinggi lutut orang dewasa pun kita sudah bisa melihat aneka terumbu karang yang indah beserta ikan-ikan aneka warna yang berenang kesana kemari. Tentu saja bila ingin melihat lebih banyak lagi aneka bentuk terumbu karang dan ikan-ikan yang lebih besar, maka harus berenang agak menjauh dari bibir pantai.

Mulai memandangi terumbu karang dan aneka ikan di kedalaman selutut.
Mulai memandangi terumbu karang dan aneka ikan di kedalaman selutut.
Pertama kali saya menceburkan diri, merasakan sensasi yang luar biasa. Air lautnya begitu segar dan bagi saya tidak terlalu asin seperti air laut yang biasa saya rasakan di tempat lain. Pun pemandangan bawah lautnya tak membuat saya bosan, tak jemu-jemu menjelajah kesana kemari untuk melihat sebanyak mungkin keindahan yang tak tergambarkan dengan kata-kata. Tak terasa hampir dua jam saya berada di laut, dan dengan berat hati harus mengakhirinya karena kulit tangan mulai terlihat keriput. Jangan sampai terlena yang akan membahayakan diri sendiri.

Keindahahan Terumbu Karang Walengkabola.
Keindahahan Terumbu Karang Walengkabola.
Pantai Walengkabola tak akan pernah membosankan. Putihnya pasir pantai, pemandangan yang indah, air laut yang jernih dan segar, dan wabil khusus lagi kecantikan bawah lautnya. Yang datang berkunjung pasti akan jatuh cinta dan ingin kembali lagi.  

*****

Video Snorkeling di Walengkabola Pulau Muna Sulawesi Tenggara (Dokumen Pribadi).


VIDEO PILIHAN