Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Mari Peduli APBN!

14 November 2015   08:33 Diperbarui: 14 November 2015   11:28 0 4 4 Mohon Tunggu...

Kita semua warga negara Indonesia harus peduli dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Apapun profesinya: birokrasi, aparat, auditor, profesional, wartawan, blogger, kompasianer, mahasiswa, pelajar, usaha kecil menengah ataupun yang lainnya, sangat dibutuhkan peran sertanya agar APBN dapat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya bagi rakyat yang sangat membutuhkan. Bila kita semua cuek tidak peduli, maka bisa saja APBN akan dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk kepentinga pribadi kelompoknya, bahkan APBN kita bisa dibajak oleh para mafia.

Peduli APBN dibuktikan dengan berbagai upaya kita semua, agar APBN dilaksanakan dengan efisien dan sebesar-besarnya untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat.

Mereka yang tugasnya di bidang penerimaan negara harus peduli. Peduli dengan cara berpikir dan bekerja maksimal, agar bagaimana caranya memperbesar penerimaan negara dan menghindari atau tidak goyah dengan "deal-deal" dari mereka yang ingin mengurangi atau menghindari dalam membayar penerimaan negara sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Anda semua sudah digaji oleh negara, dari uang rakyat. Sudah seharusnya bekerja profesional dan maksimal untuk sebesar-besarnya keuntungan rakyat.

Mereka yang bertugas di bidang pengeluaran negara harus peduli. Bagaimana menghemat namun efektif dan optimal untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Bukannya malah mencari keuntungan untuk diri sendiri atau birokrasi yang sudah mendapat penghasilan pasti setiap bulannya. Jangan sampai aji mumpung, menyisipkan kepentingan pribadi agar dibiayai dari kas negara. Itu adalah uang rakyat. Harusnya malu walaupun hanya terpikir untuk melakukannya.

Bagi para auditor, pahamilah APBN beserta aturan mainnya. Jangan sampai menunjukkan sikap sok tahu namun tidak berdasar. Bila demikian, hasil audit akan membuat banyak pihak yang mengerti menjadi heran bahkan menertawakannya. Jangan juga memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan dalam melaksanakan tugas. Apalagi menjadi bagian dari masalah yang justru ikut menggerogoti APBN.

Untuk Para Penegak hukum, proseslah dengan transparan dan akuntabel pada pelanggaran. Anda juga harus tahu teori dan aturan main dalam APBN. Jangan mentang-mentang lalu menzalimi orang jujur atau melindungi para koruptor. Akibatnya APBN tidak bisa digunakan bagi kepentingan negara dan kesejahteraan rakyat. Malah para koruptor bersorak ria dan makin semangat menggerogoti APBN karena dapat lolos dari jerat hukum.

Seluruh rakyat Indonesia yang bukan birokrasi pun harus peduli pada APBN. Awasi pelaksanaan APBN! Tanyalah pada para birokrasi semuanya. Jangan biarkan hak rakyat diembat birokrat bejat. Laporkan bila melihat pelanggaran dan pencurian uang negara. Selain itu, hasil-hasil pembangunan jangan sampai dirusak walaupun anda sedang marah. Bodohnya anda bila melakukannya. Itu semua milik anda sendiri yang harusnya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Dibeli dan diadakan dari uang milik anda sendiri selaku rakyat pemilik utama kas negara. Jagalah aset-aset tersebut dan juga dirawat dengan sebaik-baiknya.

Mari peduli APBN dengan aksi nyata. Jangan hanya retorika atau bicara saja. Salam.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x