Mohon tunggu...
amirmahmuda
amirmahmuda Mohon Tunggu... Writing on the wall

Fall in love with badminton. kunjungi amirmahmuda.wordpress.com ig: amirmahmudaa

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Jelang Final Swiss Open 2019, Indonesia Berpeluang Rebut Takhta Juara Umum

17 Maret 2019   06:14 Diperbarui: 17 Maret 2019   11:31 0 4 1 Mohon Tunggu...
Jelang Final Swiss Open 2019, Indonesia Berpeluang Rebut Takhta Juara Umum
badmintonindonesia.org

Babak semifinal Yonex Swiss Open 2019 telah diselenggarakan pada 16 Maret 2019, Pukul 12.00 PM waktu bagian swiss. Dari 3 wakil Indonesia yang bertanding di babak ini, hanya 2 yang berhasil lolos ke babak final dan membuka peluang Indonesia untuk menjadi Juara Umum di turnamen ini bersaing dengan Tiongkok dan Jepang yang juga mengirimkan 2 wakilnya di final.

Di semifinal, Indonesia memiliki wakil di 3 sektor, yaitu Anthony Sinisuka Ginting di sektor tunggal putra (MS), Fajar Alfian/ M Rian A di sektor ganda putra (MD), dan Rinov Rivaldi/Phita Mentari di sektor ganda campuran (XD).

Sektor MS

Wakil Indonesia, Anthony, yang berstatus unggulan ke 4 harus terhenti di babak semifinal setelah mengalami kekalahannya yang ke-6 melawan unggulan 1 asal Tiongkok, Shi Yuqi. Pada game pertama, ada insiden Anthony terpleset dan membutuhkan bantuan medis pada menit-menit awal pertandingan. Pada game ini juga, permainan Anthony kurang cepat panas, sehingga harus mengakui keunggulan lawan dengan skor yang agak jauh yakni 9-21. 

Pada game kedua, permainan Anthony sudah membaik dan panas. Di game ini, Anthony sempat membuat Yuqi pontang-panting mengejar bola. Namun, Yuqi masih menunjukan permainan terbaiknya untuk menumbangkan Anthony. Anthony harus kalah dengan skor 17-21.

Sektor XD

Rinov/Phita yang berstatus unggulan ke 8 berhasil melaju ke final pertamanya di tahun 2019. Ini merupakan angin segar bagi XD pasca pensiunnya Liliana Natsir dan Debby Susanto. Rinov/Phita berhasil membungkam lawannya asal Taipei, Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin, dengan pertandingan 3 game, 21-13, 19-21 dan 21-9.

Pada pertandingan ini Phita lebih mendominasi di bagian depan net dan Placing Rinov yang membuat lawan cukup tak berkutik. Di final, Rinov/Phita akan menghadapi XD asal Denmark, Mathias Bay/ Rikke, yang disemifinal secara mengejutkan mengalahkan XD Tiongkok unggulan 5, Lu Kai/ Chen Lu.

Rinov/Phita memastikan tempat di Final. | ScreenShot Pribadi
Rinov/Phita memastikan tempat di Final. | ScreenShot Pribadi
Sektor MD

Fajar/Rian, unggulan ke 4, behasil melaju ke final setelah mengungguli lawannya asal Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge yang berstatus unggulan 6 dengan 2 game langsung 21-16 dan 21-19. Fajar/Rian tetap pada permainan khasnya yang cepat dan defense yang cukup rapat. Di final, Fajar/Rian akan menghadapi unggulan 8 asal Taipei, Lee Yang/ Wang Chi Lin.

Jepang mempunyai 2 wakil di sektor WS dan WD, Tiongkok mempunyai 2 wakil di sektor MS dan WS. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2