Mohon tunggu...
Iam.id
Iam.id Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Belajar Bersama, Bersama Belajar

Amiril M

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Meneladani Sifat Rasulullah Saw

12 April 2022   23:30 Diperbarui: 12 April 2022   23:36 347 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu para sahabat Budiman,semoga kita sehat dan insyaallah mendapat syafaat Rasulullah Saw di Yaumil mashar nanti amiinn yarabalalamin.

Berbicara tentang Rasulullah Saw kita harus tau secara hakikatnya walaupun kita tidak kenal wajah Rasulullah Saw,beliau ialah manusia yang satu-satunya yang dapat memberikan safaat pada umatnya pada hari pembalasan nanti,nah timbul pertanyaan ada apa dengan Rasulullah? Kok bisa memberi safaat sedang kan ia nabi terakhir paling kecil,tarahakir pula,kerena Rasulullah Saw kekasih Allah, selain umat Rasulullah Saw bersholawat kepada Rasulullah,malaikat ikut bersholawat bahkan Allah SWT juga bersolawat pada Rasulullah Saw. Para pembaca Budiman bagaimana dengan kita umat Rasulullah yang sangat beruntung di banding umat nabi-nabi yang lain sebelum Rasulullah,apa buktinya salah satu diantaranya Dikutip dari buku berjudul "Keagungan Nabi Muhammad" oleh Khalil Ibrahim Mulla Khatir, di antara keistimewaan tersebut ialah umat Nabi Muhammad SAW dijadikan Allah sebagai umat yang terbaik dan Allah memilihnya di antara semua makhluk-Nya agar menjadi umat Nabi Muhammad.

Allah juga memilihnya supaya menjadi umat yang tengah-tengah, yang menjadi saksi atas seluruh umat yang terdahulu. Sebagaimana disebutkan dalam Alquran surat Ali Imran ayat 110:

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan berimanlah kepada Allah." Dalam ayat lain juga disebutkan:

"Dan demikian (pula) Kami menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas kamu." (QS al-Baqarah:143).

Diriwayatkan dari Bahz bin Hakim, dari ayahnya, dari kakeknya bahwa dia mendengar Rasulullah SAW bersabda ketika menjelaskan ayat Alquran tersebut. Nabi SAW mengatakan, bahwa umat Muhammad adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia yang menjadi penggenap umat hingga menjadi 70 umat, yang paling baik dan paling mulia dalam pandangan Allah.

Selanjutnya, Allah menyebut umat Nabi SAW dengan kaum Muslimin dan mengistimewakan umat tersebut dengan Islam. Salah satu keistimewaan kepada umat Muhammad ialah Allah menyebut mereka di dalam Alquran dan dalam kitab-kitab samawi yang terdahulu dengan 'al-muslimin'. Dan hadis lain Rasulullah katakan yang sebagai mana artinya" sesungguhnya aku di utus kepermukaan bumi hanya untuk menyempurnakan akhlak manusia"

Berdasarkan hadis yang terakhir bahwa kita sebagai umat Rasulullah haruslah secara hakikatnya berubah menjadi yang terbaik,berguna bagi agama Nusa dan bangsa,sebab kita sudah di berikan contoh serta kisi-kisi oleh Rasulullah Saw,baik dari hadits dan qalam Allah SWT.jadi prisip dasarnya kita harus bisa belajar menjadi umat terbaik,dengan cara belajar mengaplikasikan sifat Rasulullah walaupun tidak sepenuhnya diantara kita harus bisa belajar,

  1. Sidiq (Jujur)

Rasulullah selalu berkata benar tidak ada bohong satupun, selalu jujur dalam menyampaikan wahyu yang bersumber dari Allah SWT, ataupun benar dalam perkataan-perkataan yang berhubungan dengan persoalan keduniaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, karakteristik orang jujur digambarkan sebagai orang yang tidak suka berbohong, bisa dipercaya, dan gaya hidupnya lurus.

  1. Amanah (Dapat dipercaya)

Kepercayaan itu sangat mahal harganya, maka dari itu kita harus menjadi orang yang dapat dipercaya bagi siapapun,dengan kepercayaan hidup kita sebagai umat nabi berguna bagi agama Nusa dan bangsa.

  1. Fathonah (Cerdas)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan