Mohon tunggu...
Amiratussaadah
Amiratussaadah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jadilah Diri Sendiri

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Pengembangan SDM Dalam Mengelola Potensi Wisata Desa Kadaleman Surade

9 September 2021   11:31 Diperbarui: 9 September 2021   11:39 69 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengembangan SDM Dalam Mengelola Potensi Wisata Desa Kadaleman Surade
Dok. pribadi

Curug Cigangsa atau yang biasa disebut Curug Luhur adalah sebuah Air Terjun yang berada di Dusun Batu suhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Curug ini memang memiliki keunikan tersendiri dibanding curug biasanya yakni dinding curugnya yang bewarna hitam.
Di kenal dengan nama Curug Cigangsa karena disesuikan dengan tokoh terkenal dikampung ini yakni Eyang Gangsa.

Curug Cigangsa yang sumber airnya sering digunakan untuk irigasi sawah ini cukup tinggi, kita akan meliht ada 3 tingkatan atau undakan curug. Di sekitar Curug Cigangsa ada sebuah batu besar yang diberi nama Batu Masigit atau Batu Masjid. Nah batu ini tergolong kramat oleh beberapa warga dan juga sering dianggap sakral.

Namun sayang ketika kami berkunjung ke sini, sedang musim kemarau, jadi airnya hanya sedikit, bahkan cenderung tidak terlihat, karena airnya banyak terpotong oleh aliran irigasi pesawahan warga. Jadi kami tidak bisa melihat keindahan yg utuh dari air terjun ini.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Tapi kami tidak kecewa datang ke tempat ini, karena masih bisa menikmati Keindahan alam lainnya, Pemandangan alam yang ditawarkan di curug cigangsa juga tak kalah serunya. Selain hamparan sawah yang ber undak dan tertata rapih kita juga bisa melihat alam bebas disekitar sini. Karena curug cigangsa masih tegolong sepi pengunjung, jadi berada di curug cigangsa seperti berada di area pribadi.
Dok. pribadi
Dok. pribadi
Curug Cigangsa memiliki keindahan alam yang masih sangat alami, keindahan tebingnya yang berundak undak berwarna hitam kecoklatan sungguh sangat menakjubkan.
Ketenangan serta kedamaian akan kamu dapatkan ketika berada di Curug Cigangsa. Selain itu kamu juga akan dapat menghirup udara yang sejuk bebas dari polusi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan