Mohon tunggu...
Amirah Nisrina W
Amirah Nisrina W Mohon Tunggu... Mahasiswi STP Trisakti

Mahasiswi Penerima Beasiswa Prestasi Program Studi D4 Perhotelan 2020 Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perebedaan antara Ristretto, Espresso, dan Lungo

1 Januari 2021   18:42 Diperbarui: 1 Januari 2021   18:51 173 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum

Hai semuanya, perkenalkan nama saya Amira. Saya adalah mahasiswi STP Trisakti yang menerima Beasiswa Prestasi program studi D4 Perhotelan tahun 2020. 

Kali ini saya ingin membahas perbedaan antara Ristretto, Espresso, dan Lungo. Nah, buat para pecinta kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis dasar kopi tersebut. Ristretto, Espresso, dan Lungo memang sama-sama terbuat dari kopi dan proses pembuatannya juga sama namun minuman ini tentunya sangat berbeda. Hal tersebut dapat dibedakan dari proses ekstraksinya. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara satu persatu perbedaan antara Ristretto, Espresso, dan Lungo.

1. Ristretto

Ristretto adalah menu yang banyak dipilih para pecinta kopi jika pada umumnya mereka sedang tidak ingin meminum kopi yang "sekuat" espresso. Ristretto berasal dari Italia yang berarti restricted . Berbeda dengan espresso, ristretto ini diekstraksi dengan waktu yang sangat singkat cukup dengan 15 detik saja. Biasanya para pecinta kopi lebih sering memesan Double Ristretto 30 ml takaran yang sama dengan espresso namun dengan sensasi yang berbeda. Karena waktu ekstraksi yang dibutuhkan sangat singkat ristretto memiliki cita rasa yang lebih smooth dan lebih sweet. Proses yang hanya setengah dari waktu espresso ini membuatnya mengekstrasi lebih sedikit acidity , dan hal inilah yang membuat ristretto terasa jauh lebih manis dibandingkan dengan rasa espresso. 

2. Espresso

Espresso adalah bahan utama yang pada umumnya digunakan dalam pembuatan cappuccino, latte, dan lain-lain. Espresso adalah minuman yang bubuk kopinya diekstrasi dengan diberikan air bersuhu tinggi, pada tekanan tinggi biasanya 90C- 96C  dan dalam waktu relatif cepat (express) pula. Umumnya proses ekstraksi 1 shot of espresso ini yang berukuran standart 30 ml hanya menggunakan waktu 25-30 detik saja, hingga hasilnya benar-benar konsentrat, padat, dan jauh lebih tebal dibandingkan dengan kopi seduh manual. Espresso biasanya memiliki cita rasa yang creamy seperti susu atau bahkan buah-buah ala raspberry. Espersso biasanya dinikamati di dalam cangkir yang berukuran kecil yang khusus untuk espresso saja.

3. Lungo

Lungo berasal dari bahasa Italia yang artinya "long" atau "panjang". Proses ekstraksi pada lungo lebih lama dibandingkan ristretto dan espresso. Lungo adalah minuman yang proses pembuatannya lebih panjang. Jika pada umumnya proses ekstrasi espresso maksimal hanya 30 detik saja, maka lungo lebih lama dari espresso. Lungo biasanya diekstrasi selama 1 menit, dengan ukuran shot standar sekitar 130 ml-170 ml. Karena proses ekstraksi dari pembuatan lungo ini lebih lama dibandingkan dengan yang dua tadi maka rasa dari lungo ini tidak terlalu strong, tapi lebih pahit (bitter) dibandingkan espresso. Semakin lama waktu ektraksi dan semakin banyak tambahan air yang ikut diekstraksikan pada proses pembuatan lungo maka membuat berbagai komponen pada bubuk kopi yang seharusnya tidak terlarut pun jadi ikut diekstraksi pula. Hal tersebut yang membuat lungo lebih "getir" dibandingkan dengan espresso. 

Nah, sobat pecinta kopi sekarang sudah tau kan perbedaan antara Ristretto, Espresso, dan Lungo. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu teman-teman yang masih bingung dengan perbedaan minuman tersebut. Kira-kira setelah kalian tahu bedanya, kalian lebih suka yang mana nih Ristretto, Espresso, atau Lungo?  

VIDEO PILIHAN