Mohon tunggu...
Amir Rosadi
Amir Rosadi Mohon Tunggu... Pemalang, Jawa Tengah

Menyukai hal baru

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Inilah, 4 Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren yang Harus Kamu Tahu!

24 Oktober 2020   13:34 Diperbarui: 24 Oktober 2020   13:39 43 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah, 4 Perbedaan Gula Jawa dan Gula Aren yang Harus Kamu Tahu!
instagram.com/vinnefooddiary

Gula Jawa dan gula aren merupakan salah satu bahan pemanis dan bumbu masak yang biasa digunakan di dapur. Memang keduanya sekilas mirip, namun gula Jawa dan gula aren sebenarnya punya perbedaan, lho. Salah satu perbedaan dari kedua gula ini adalah terletak pada warna dan biasanya dihargai lebih mahal.

Nah, untuk kamu yang suka memasak dan biasa menambahkan tambahan kedua jenis gula merah ini. Kamu wajib banget, nih harus tahu perbedaannya! Penasaran seperti apa perbedaanya. Berikut beberapa perbedaan dari gula Jawa dan gula aren yang harus kamu tahu.

1. Bahan pembuatan

Gula aren dan gula Jawa memang sama-sama dibuat dari cairan manis yang keluar dari tandan bunga atau biasa yang disebut nira. Namun bahan pembuatan dari kedua jenis gula ini berbeda, lho. Karena gula Jawa dibuat dari nira pohon kelapa.

Sedangkan gula aren dibuat dari nira pohon aren. Jadi cairan manis inilah yang diperoleh dengan cara disadap lalu ditampung ke dalam suatu wadah. Kemudian cairan manis tersebut dimasak di atas bara api hingga mengental.

2. Tekstur dan warna

Untuk membedakan gula aren dan gula Jawa. Kamu bisa mengenalinya dengan berdasarkan bentuk dan warnanya. Sebab gula jawa biasanya punya bentuk silinder dengan tekstur yang padat. Sedangkan gula aren memiliki bentuk cembung seperti batok kelapa dan biasanya bertekstur getas dan masir.

Selain itu kenapa alasan gula jawa disebut sebagai gula merah. Karena gula merah memiliki warna kemerahan hingga cokelat muda dan warnanya pun jauh lebih terang ketimbang gula aren yang cenderung berwarna coklat gelap.

3. Aroma dan cita rasa

Memang untuk soal rasa gula jawa dan gula aren hampir sulit dibedakan. Namun biasanya rasa gula aren identik lebih legit ketimbang gula Jawa. Selain itu ada cara lain yang bisa kamu terapkan, lho.

Kamu bisa membedakannya dengan cara mencium aroma gula aren dan gula Jawa. Tapi biasanya gula aren punya aroma khas yang lebih kuat daripada gula Jawa.

4. Kegunaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN