Mohon tunggu...
Amir Mahmud
Amir Mahmud Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger Lepas

Blogger lepas yang selalu haus akan ilmua pengetahuan. Bercita cita ingin mengembangkan desanya melalui sedikit keahlian menulisnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Membuat Komposter dan Kampanye Lewat Blog, Caraku Mewujudkan Net Zero Emissions di 2050

23 Oktober 2021   12:45 Diperbarui: 23 Oktober 2021   12:46 123 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Membuat Komposter dan Kampanye Lewat Blog, Caraku Mewujudkan Net Zero Emissions di 2050. Gambar oleh Amir Mahmud.

Hai teman, tahukah kalian jika suhu bumi pada awal 2030 mendatang diprediksi akan naik 1,5 derajat celcius. Dimana angka tersebut merupakan batas aman untuk mencegah timbulnya permasalahan di permukaan bumi, sesuai perjanjian Paris Agreement yang sudah disepakati oleh Negara-negara yang bergabung.  

2030-an awal bukanlah waktu yang lama, hanya tinggal 12 tahunan saja. Karena seperti kita ketahui bersama, bahwa sekarang waktu begitu cepat berlalu. Sekarang Senin, besok sudah hari Minggu saja.

Lalu, apa yang terjadi jika target perjanjian paris itu gagal, hingga kemudian suhu bumi naik sampai 1,5 derajat celcius di awal 2030?  Atau bahkan jika naik sampai 2 derajat celcius. Berikut infografisnya.  (Klik kanan open in new tab)

Infografis perubahan iklim. Sumber : WWF. 
Infografis perubahan iklim. Sumber : WWF. 

Dan berikut ini adalah penjelasan dari infografis di atas.

1. Cuaca ekstrem pada kenaikan suhu 1,5 derajat celcius akan meningkatkan resiko banjir sebesar 100%. Namun pada suhu 2 derajat celcius, meningkat menjadi 170%.

2. Pada spesies hewan, pada kenaikan suhu 1,5 derajat celcius, 6% dari serangga, 8% dari tumbuhan, dan 4% dari vertebrata akan terpengaruh. Lalu pada kenaikan suhu 2 derajat celcius, pada serangga akan terpengaruh sebanyak 18%, tumbuhan 16%,  dan 8% dari vertebrata.

3. Untuk ketersediaan air, pada kenaikan suhu 1,5 derajat celcius, 350 juta penduduk perkotaan terkena kekeringan parah pada tahun 2100. Sedangkan di suhu 2 derajat celcius, jumlahnya menjadi 410 juta. Ini seperti yang terjadi di Amerika belum lama ini dengan rekor suhu 49 derajat celcius.

Cuaca panas di Kanada. Foto : Jason Franson/The Canadian Press/AP Photo/pitcure alliance
Cuaca panas di Kanada. Foto : Jason Franson/The Canadian Press/AP Photo/pitcure alliance

4. Untuk kasus es mencair di kutub utara, pada kenaikan suhu 1,5 derajat celcius, es mencair setidaknya 100 tahun sekali. Namun menjadi 10 tahun sekali pada kenaikan suhu 2 derajat celcius.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan