Mohon tunggu...
Amir Mahmud
Amir Mahmud Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger Lepas

Blogger lepas yang selalu haus akan ilmu pengetahuan. Bercita cita ingin mengembangkan desanya melalui sedikit keahlian menulisnya.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Mau Tahu Cara Saya Memenangkan Lomba Blog dengan Kreasi Seni?

23 Agustus 2017   20:19 Diperbarui: 23 Agustus 2017   22:21 2342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sertifikat dari berbagai lomba yang aku dapatkan (Dokumentasi Pribadi)

Hai teman, saya mau tanya nih, apa yang kalian rasakan jika dalam sebuah lomba blog, sudah susah payah menulis artikel, tapi begitu pengumuman keluar, nama kalian tidak tercantum. Bahkan juara hiburan di nomor urut terakhir pun tidak ?

Yang paling bikin geregetan lagi yaitu jika misal pesertanya hanya sedikit tapi jumlah penerima hadiahnya banyak (misal pesertanya 50 dan penerima hadiahnya 15) tapi masih kalah juga. Padahal tenaga sudah pol polan sampai gak tidur segala. Biaya juga sudah keluar untuk riset dan cari materi. Namun ternyata hasilnya tidak sesuai harapan.

Apa yang kalian rasakan ? Kesal, kecewa, introspeksi diri, atau mungkin malah kesel sama yang menang ?

Apapun yang kalian rasakan, menurut saya wajar saja karena sudah berusaha secara semaksimal. Tapi tenang, karena disini saya akan sedikit berbagi tips menang lomba blog. Sedikit saja ya karena saya masih pemula :D.

Kalau saya pribadi, langkah pertama yang saya lakukan jika saya kalah dalam lomba blog yaitu membaca ulang syarat dan ketentuan lomba, kemudian baca lagi artikel pemenang, mulai dari pemenang terakhir hingga pemenang utama. Setelah itu menyimpulkan dan menilai, mengapa tulisan tulisan tersebut berhak atas posisinya masing masing ? ( contoh : tulisan A juara 1, tulisan B juara 2, dan tulisan C juara 3). Dengan begitu kita tahu seperti apa sih sebenarnya tulisan yang di inginkan oleh juri ?

Ngomong ngomong soal lomba blog, terhitung dari pertengahan 2015 hingga sekarang, saya sudah beberapa kali menang. Dan beberapa di antaranya mendapat juara 1. Namun begitu, saya masih banyak sekali belajar dari para master di luaran sana yang prestasinya melebihi saya. Tapi, selain membaca ulang artikel pemenang, saya juga menggunakan alat tulis berupa pensil dan penghapus dari Faber Castel.

Loh, ko ? apa hubunganya ?

Jadi begini, salah satu kriteria yang sering di sertakan dalam penilaian lomba blog adalah kreativitas. Kreativitas itu sendiri bermacam macam, bisa berupa desain blog, ditambahkanya video, sudut pandang yang unik, infografis, atau pun gambar komik.

Nah, untuk saya sendiri, saya memilih gambar komik yang saya buat dengan menggunakan pensil dan penghapus dari Faber Castel.

Mula mula, saya menggambar sebuah karakter di atas kertas HVS. Setelah itu, gambar saya tebalkan menggunakan pulpen. Kemudian goresan pensil saya hapus agar gambar tidak ngeblur saat di edit. Langkah berikutnya yaitu dengan memfoto gambar tersebut kemudian saya kirim via Bluetooth ke laptop untuk di edit dan dimasukan kedalam blog. Tapi jika gambar kurang jelas, kadang saya juga menscanningnya dengan alat scan gambar.

Setelah masuk ke laptop, gambar sudah bisa di edit, seperti menambahkan caption atau memberi warna menggunakan software editing gambar. Gambar gambar yang saya buat bermacam macam, bukan hanya karakter manusia saja, tapi hewan, tumbuhan, ruangan, jalan umum, dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun