Mohon tunggu...
Amin Akbar
Amin Akbar Mohon Tunggu... Menjadi Ekosistem yang Baik dan Bersih Untuk Makhluk Hidup Lain Tumbuh

psikologi olahraga Pelatih Mental Atlit Psikologi olahraga pemerhati, penikmat, peneliti sepak bola

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mencetak Pemain Sepak Bola Profesional Indonesia

18 Mei 2021   13:39 Diperbarui: 18 Mei 2021   14:05 132 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencetak Pemain Sepak Bola Profesional Indonesia
Photo by Sven Kucinic on Unsplash 

Dalam dunia sepak bola khususnya di kawasan Asia, Negara Kesatuan Republik Indonesia dikenal dengan negara yang sangat mencintai sepak bola. Hal tersebut nyaris tak terbantahkan jika kita menoleh ke belakang untuk melihat betapa riuhnya dukungan suporter setiap klub di Indonesia ketika bertanding. 

Senada dengan pernyataan di atas maka dapat juga kita amati ketika Tim Nasional berlaga, maka setiap sudut stadion akan dipenuhi oleh penonton maupun suporter yang akan senantiasa memberikan dukungan dan suntikan tenaga baru bagi pemain yang sedang berjuang. 

Namun dukungan dari suporter saja tidak cukup menghadirkan prestasi bagi Timnas sepak bola Indonesia, kita butuh lebih untuk menjadi sebuah negara yang syarat akan prestasi, kita memilih disegani karena kualitas permain yang bagus, piala yang beragam dari pada menjadi negara yang terkenal karena suporter yang fanatis. 

Akan lebih elok ketika kedua komponen tersebut sejalan, menjadi negara yang berprestasi dengan suporter yang fanatis dalam konteks sepak bola.

Untuk mengindahkan kedua komponen tersebut maka PSSI selaku induk sepak bola Indonesia mencoba mendatangkan Shin Tae Yong yang merupakan pelatih dari Korea Selatan. 

Di era kepemimpinannya, beliau banyak sekali memberikan masukan dan perbaikan untuk Timnas sepak bola Indonesia. Infrastruktur, pemain, kualitas liga juga menjadi komentar poko dari pelatih yang terkenal dengan disiplin yang tinggi tersebut. 

Setelah melihat beberapa fenomena belakangan ini penulis memiliki alur pikir yang searah dengan Shin Tae Yong, untuk itu penulis mencoba memberikan pandangan bahwa kita harus bisa mencetak pemain sepak bola yang profesional, pemain yang meyakini bahwa menjadi pemain sepak bola adalah sebuah profesinya sehingga mau tak mau, suka tidak suka ia harus total dengan segala tuntunan di dalamnya. 

Secara garis besar terdapat 3 konsep penting yang harus dimiliki oleh pemain sepak bola yang bernuansa profesional:

1. Fisik Pemain

Fisik Pemain tentu menjadi komponen yang harus dipenuhi oleh pemain sepak bola profesional Indonesia, pada konteks ini akan berhubungan dengan fisik tampak luar pemain seperti tinggi badan dan berat badan, keduanya harus proposional. Hal ini juga berkaitan dengan pemain berpostur tinggi misalnya, atau pemain yang memiliki otot yang besar, kuat dan sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN