Mohon tunggu...
Amilatus Sholihah
Amilatus Sholihah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lamongan

Mahasiswa Semester 6 Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Gerakan 1000 Masker untuk Warga Desa Maindu oleh KKN Universitas Negeri Malang Tahun 2021

11 Juli 2021   05:10 Diperbarui: 14 Juli 2021   19:11 108 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gerakan 1000 Masker untuk Warga Desa Maindu oleh KKN Universitas Negeri Malang Tahun 2021
Pemberian bantuan 100o masker kepada perwakilan warga desa Maindu

Wabah COVID-19 yang telah merebak di berbagai negara termasuk Indonesia telah mempengaruhi seluruh lapisan masyarakat. Menurut WHO (World Health Organization) Corona Virus atau (Cov) merupakan virus yang dapat mudah menular yang menyerang pernapasan. Infeksi virus ini disebut dengan COVID-19. Virus ini menyebabkan penyakit flu menjadi lebih parah dan mematikan. Virus ini dapat menular melalui droplet. Salah satu anjuran WHO untuk menggunakan masker dalam menekan penyebaran virus. 

Program KKN  Pulang Kampung Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan Desa Maindu, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan. Kelompok KKN yang bertempatkan di Desa Maindu membagikan 1000 masker untuk para warga desa Maindu. 

Di tengah masa pandemic COVID-19, dalam upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 KKN Universitas Negeri Malang Desa Maindu pada hari Rabu, 30 Juni 2021 melakukan aksi sosial dengan membagikan 1000 masker gratis kepada masyarakat. Masker yang dibagikan adalah masker medis yang memiliki fungsi efektif dalam mencegah penyebaran penyakit menular, seperti infeksi COVID-19. Hal ini dilakukan sebagai wujud pengabdian dan peduli lingkungan sekitar. Masker yang dibagikan harapannya dapat membantu pencegahan penularan COVID-19 di Desa Maindu. Warga Desa Maindu diharapkan menggunakan masker jika melaksanakan kegiatan atau aktifitas diluar rumah agar terhindar dari virus. Masker diperlukan bagi setiap orang agar tidak saling menulari virus corona. Ada kesempatan tinggi penularan terjadi ketika orang sakit berinteraksi dengan orang sehat dan orang sehat berinteraksi dengan yang lain juga.

Masker dibagikan kepada masyarakat umum disertai dengan leaflet yang didesain oleh Risma Agustina dan Silvia Elfatika Salsabila selaku PJ (Penanggung Jawab). Leaflet tersebut berisikan petunjuk pemakaian masker dan pembuangan limbah masker dengan baik dan benar. Harapannya, masyarakat dapat teredukasi dan mendapatkan informasi tentang pencegahan penularan covid.

Kegiatan Gerakan 1000 Masker yang dilakukan oleh KKN Desa Maindu merupakan kegiatan yang memiliki kontribusi yang besar bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam edukasi serta membeli masker untuk melindungi diri dari penyebaran wabah COVID-19. Virus COVID-19 dapat menular melalui percikan dahak atau air liur penderita COVID-19  saat berbicara, batuk ataupun bersin, sehingga penggunaan masker dianggap sangat penting dalam upaya pencegahan penularan virus ini.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN