Mohon tunggu...
Ami Linda Kustati
Ami Linda Kustati Mohon Tunggu... Ami Linda Kustati

Jalani apapun dengan ke Ikhlasan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kedudukan Pemerintah dalam Penindakan akibat Pandemic Covid-19 untuk Penyandang Disabilitas

14 April 2021   19:16 Diperbarui: 14 April 2021   19:27 57 1 0 Mohon Tunggu...

Pada mula tahun 2020, di indonesia timbul virus baru ialah coronavirus dengan tipe baru (SARS- CoV- 2) serta virus ini disebut dengan coronavirus disease 2019 ataupun orang umumnya mengenalnya dengan COVID- 19. coronavirus merupakan virus yang melanda pada system respirasi serta pula bisa menyebabakan kendala pada respirasi, pneumonia kronis hingga kematian. coronavirus ini bisa meluas ke manusia serta bisa melanda siapa saja seperti balita, kanak- kanak, orang dewasa, lanjut usia, ibu hamil serta ibu menyusui

Penyandang disabilitas merupakan orang yang alami keterbatasan fisik, intelektual,mental ataupun sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berhubungan dengan lingkungan dapat mengalami hambatan serta kesusahan untuk berpartisipasi secara penuh serta efisien dengan masyarakat negeri yang lain berdasarkan hak. Penyandang disabilitas biasanya berkerja sebagai pemijat, orang dagang, seniman serta penjual jasa service.

Dalam masa pandemi Covid- 19 di Indonesia, Penyandang disabilitas ikut merasakan akibat dari mewabahnya Covid- 19 ataupun virus corona di Indonesia, kala pemerintah memberikan himbauan  kepada warga terpaut social distancing, physical distancing serta himbauan untuk senantiasa melindungi kebersihan serta kesehatan. Dengan isolasi diri dianggap cara yang efisien untuk pencegah penularan Covid- 19. Tetapi, cara ini nyatanya mempunyai akibat negatif terhadap penyandang disabilitas . Kebijakan itu pasti mempengaruhi terhadap banyak aspek untuk penyandang disabilitas serta ditambah lagi apabila penyandang disabilitas yang berstatus ODP ataupun PDP maka akan lebih berakibat dalam kehidupan penyandang disabilitas.

Adapun dampak secara umum yang dihadapi penyandang disabilitas pada saat mewabahnya Covid-19 Pertama, perekonomian penyandang disabilitas menjadi terpuruk. Kedua, informasi yang terbatas terkait pencegahan penyebaran Covid-19 serta menjaga pola hidup sehat ditengah Covid-19. Ketiga, jaminan kesehatan bagi penyandang disabilitas yang melakukan isolasi sosial akan berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh mereka, hal ini dapat meningkatkan risiko terkena Covid-19. Dalam hal ini perlunya peran pemerintah dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 untuk penyandang disabilitas. Para penyandang disabilitas diberikan bantuan melalui program Keluarga Harapan (PKH) dan memberikan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) . Pemerintah juga harus menyiapkan bantuan ekonomi dan lebih ditingkatkan lagi dalam pelayanan kesehatan bagi penyandang disabilitas. Selain adanya peran dari pemerintah terdapat pula peran pekerja sosial dalam penanganan pandemi Covid-19) yaitu memberi dukungan psikososial melalui pendampingan online.

Maka terdapat rekomendasi dalam tindakan untuk penyandang disabilitas dalam masa pandemi Covid-19 ini, seperti; penyandang disabilitas harus mendapatkan akses pada informasi terkait dengan cara pencegahan, rencana pembatasan sosial, layanan yang tersedia dalam format yang beragam; adanya upaya perlindungan terhadap penyandang disabilitas sesuai dengan kondisinya; semua rencana pencegahan dan penanganan harus menyeluruh dan dapat diakses termasuk oleh kelompok perempuan dengan disabilitas; tidak boleh ada penempatan di lembaga disabilitas dan pelantaran; selama masa karantina, layanan, bantuan perorangan, akses fisik dan komunikasi harus tersedia; penyandang disabilitas yang membutuhkan layanan Kesehatan terkait Covid-19 tidak boleh dibeda-bedakan karena kedisabilitasannya; organisasi penyandang disabilitas dapat dan harus dilibatkan dan berperan penting dalam meningkatkan kesadaran penyandang disabilitas dan keluarganya; dan organisasi penyandang disabilitas dapat dan harus berperan penting dalam mengadvokasi penanganan Covid-19 yang inklusif disabilitas.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x