Mohon tunggu...
Ameylia AlpinaDamayanti
Ameylia AlpinaDamayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Universitas Aisyiyah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Penting Media Sosial dalam Edukasi di Masa Pandemi Covid-19

27 Januari 2022   19:10 Diperbarui: 27 Januari 2022   19:14 26 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Peran Penting Media Sosial Dalam Edukasi di Masa Pandemi Covid-19

Dunia saat ini masih mengalami pandemi global yang luar biasa yang disebabkan oleh Corona Virus Disease atau yang lebih dikenal dengan sebutan Covid-19. Virus ini menyebar diberbagai negara dibelahan dunia,salah satunya Indonesia. 

Banyak sekali yang terdampak akibat pandemi global ini mulai menyerang sistem ekonomi lapisan atas hingga ekonomi kelas bawah, Sektor Pariwisata yang harus rela menutup tempat wisat dengan kurun waktu yang ditentukan Pemerintah,tak hanya itu sistem pendidikan (edukasi) yang sedang berjalan harus terpaksa memberhentikan pembelajaran melalui tatap muka dan diubah menjadi Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) atau yang sekarang kerap disebut dengan istilah “Daring” (Dalam Jaringan). 

Hal ini menimbulkan banyak Prespektif dari berbagai kalangan masyarakat, Di satu sisi tidak ingin Virus Covid-19 semakin menyebar dan memperkeruh keadaan, disisi lain banyak yang dirugikam oleh adanya Peraturan dan ketentuan dari Pemerintah yang harus dihadapi.

Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) (https://www.unisayogya.ac.id/) ikut mengambil peran serta dalam menghadapi dampak Pandemi Covid-19 dalam sisi Pendidikan (Edukasi), saat ini UNISA masih mengadopsi sistem pembelajaran melalui Daring dan terpaksa memberhentikan perkuliahan tatap muka seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. 

Oleh Karena itu, UNISA memanfaatkan teknologi dan sistem informasi  yang berkembang saat ini dengan menggunakan beberapa platform Media Sosial untuk  melakukan pembelajaran seperti menggunakan media WhatsappGrup (WAG) yang didalamnya terdapat interaksi untuk melakukan pembelajaran  yang berisi beberapa mahasiswa/I didalam kelas yang berbeda dalam setiap mata kuliah yang diambil. 

Tentu banyak juga sisi keuntungan dan kelebihan melakukan pembelajaran melalui WAG salah satu keuntungannya materi dapat diakses kapan saja dengan kuota yang tidak terlalu banyak,namun kelemahannya khususnya bagi mahasiswa/i baru tidak dapat berinteraksi langsung dengan dosen baru dan teman teman satu kelas.  

Selain itu UNISA tak jarang juga menggunakan media konferensi video seperti Zoom Meetings ataupun GoogleMeets yang dapat melihat satu sama lain meskipum terbatas tempat dan perbedaan waktu,namun pengeluaran untuk Kuota internet lebih banyak terkuras.  

Tak hanya itu mahasiswa/i juga banyak  mendapati materi atau tugas yang diberikan melalui menonton video  yang dapat diakses lewat laman Youtube yang diberikan oleh dosen.

Pemanfaatan media sosial dalam edukasi di masa pandemi tentunya memiliki beberapa kelebihan diantaranya mahasiswa/I dapat melibatkan diri dalam berbagai jejering sosial untuk mengenal Dosen maupun teman sebaya, Media sosial juga memungkinkan untuk mahsiswa/I untuk berekspresi dengan berbagi cara seperti memposting foto atau video tugas,membuat artikel ataupun blog pribadi,hingga membuat konten kreatif. 

Namun jika tidak dapat meanfaatkan media sosial dengan baik ,tak jarang banyak juga terjadi masalah atau dampak negative seperti kecanduan,anti sosial,pencemaran nama baik,penyebaran berita bohong,dan lain sebagainya yang dapat membahayakan bahkan mengancam diriataupun lingkungan sekitar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan