Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Aktif Jadi Volunteer Acara, Cek Manfaatnya!

29 April 2021   20:33 Diperbarui: 29 April 2021   20:40 46 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aktif Jadi Volunteer Acara, Cek Manfaatnya!
Ilustrasi volunteer. (kompas)

Masa kuliah memang menjadi masa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Mulai dari organisasi, pengalaman kerja, dan menjadi volunteer acara. Hal ini untuk menunjang dan modal sebelum memasuki dunia kerja nyata, terutama saat ini perusahaan banyak menuntut pengalaman nyata. 

Tak hanya itu, pengalaman magang dan panitia event juga sangat bermanfaat untuk penunjang karir di masa depan. Volunteer sendiri merupakan bentuk keikutsertaan individu dalam suatu kegiatan sosial didasari dengan murni keinginan pribadi. 

Banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan mengikuti kegiatan volunteer, salah satunya adalah membangun koneksi yang luas dengan banyak orang. Namun, banyak dari generasi muda yang masih ragu saat akan menjadi volunteer karena tidak adanya apresiasi dalam bentuk materi. Padahal, banyak banget loh manfaat dari mengikuti volunteer, simak berikut ini!

Membangun Relasi yang Luas

Ilustrasi membangun relasi selama menjadi volunteer. (kompas)Ilustrasi membangun relasi selama menjadi volunteer. (kompas)
Ilustrasi membangun relasi selama menjadi volunteer. (kompas)Ilustrasi membangun relasi selama menjadi volunteer. (kompas)
Pada umumnya, kegiatan volunteer tidak berada di dalam kampus atau kantor yang kamu tempati melainkan berada di masyarakat sosial. Sehingga, kamu akan terhubung dengan komunitas atau banyak orang baru di luar dari berbagai macam latar belakang. Kamu juga lebih bisa mendapatkan teman baru, meningkatkan keterampilan sosial, dan memperluas jaringan.

Selain itu, membangun koneksi yang luas juga akan meningkatkan kemampuan bersosialisasi kamu. Pola pikir kamu akan lebih terbuka dan meluas dengan banyaknya perbedaan. Kamu bisa belajar banyak dari bermacam informasi dari orang-orang baru serta menemukan minat asli diri kamu. 

Mengembangkan Kemampuan Bekerjasama 

Ilustrasi bekerja sama saat mengikuti program volunteer. (kompas)
Ilustrasi bekerja sama saat mengikuti program volunteer. (kompas)
Dengan mengikuti volunteer, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut mengajarkan kamu bagaimana harus bersikap dan berbicara demi membangun hubungan yang baik dengan orang lain. 

Terlebih lagi, kamu akan belajar bagaimana bekerja dengan satu tim untuk mencapai tujuan. Kamu akan terlatih berkomunikasi, berkoordinasi dan menyampaikan pendapat. Kegiatan volunteer bisa menjadi gambaran lingkungan kerja profesional juga.

Mengembangkan Makna Hidup

Ilustrasi mengembangkan makna hidup melalui volunteer. (kompas)
Ilustrasi mengembangkan makna hidup melalui volunteer. (kompas)
Menjadi relawan sosial atau volunteer memberi kamu kesempatan untuk lebih peduli terhadap sesama. Dari situ, kamu akan menemukan arti kehidupan sebenarnya, terutama bahwa kita sebagai manusia memang seharusnya saling membantu diatas perbedaan yang ada. Kamu juga akan belajar lebih ikhlas membantu masyarakat yang membutuhkan tanpa mengharap imbalan.

Mengasah Kemampuan Sosial 

Walaupun volunteer tidak mengajarkan pelajaran akademik, kamu akan mengasah kemampuan teknis lainnya seperti berbicara (public speaking), event management, communication, dan masih banyak lainnya. 

Selain itu, kemampuan kamu dalam penugasan selama volunteer juga akan berkembang. Seperti halnya adalah divisi media dan dokumentasi, akan mempelajari fotografi dan editing. 

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Membantu suatu kelompok atau komunitas yang membutuhkan seolah-olah memberikan rasa bangga terhadap diri sendiri. Hal ini akan mendorong kamu untuk lebih menyukai dan menghargai diri sendiri. Semakin kamu menyukai diri sendiri, semakin besar pula rasa percaya diri yang berkembang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN