Mohon tunggu...
Amelia Nur Fauziah
Amelia Nur Fauziah Mohon Tunggu... Public Relations

hello, its me!

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Pentingnya Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa

26 April 2021   14:26 Diperbarui: 26 April 2021   14:38 331 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Mencegah Asam Lambung Naik saat Puasa
Asam lambung naik saat puasa. (freepik/diana.grytsu)

Saat berpuasa, sebagian orang mengalami kenaikan asam lambung yang menyebabkan proses puasa terganggu. Selama bulan ramadhan, kamu diwajibkan berpuasa menahan lapar dan haus dari pagi hari hingga menjelang petang. 

Dengan kata lain, kamu tidak mendapatkan asupan makanan seharian dan menyebabkan asam lambung naik karena tidak adanya makanan yang bisa diproses. 

Asam lambung bisa naik karena keadaan perut yang kosong saat berpuasa. Hal ini memicu sakit dan nyeri pada perut. Alhasil, aktivitas kamu akan terganggu dan tidak maksimal. Maka dari itu, banyak pengidap asam lambung atau maag tidak menjalankan puasa hingga tuntas. 

Namun, walaupun kamu tidak ada riwayat asam lambung naik sebelumnya, asam lambung tetap bisa naik hingga kerongkongan lho. Hal ini biasa dikenal dalam dunia medis sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD). Gejala GERD yang timbul seperti nyeri pada ulu hati, perih, hingga sensasi seperti terbakar pada dada. 

Saat hari-hari biasa, penderita GERD memang dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun sering. Lalu, ketika berpuasa, lambung akan menagih porsi makanan kecil tersebut, melalui asam lambung yang naik. 

Jangan khawatir tidak bisa berpuasa penuh sebulan bagi kamu penderita GERD. Biasanya, asam lambung akan naik jika diiringi dengan pola makan yang tidak teratur. Oleh karena itu, kamu harus memastikan makan makanan bergizi seimbang dengan pola hidup yang sehat. 

Lalu, Bagaimana Mencegah Naiknya Asam Lambung?

sakit perut karena asam lambung naik. (freepik/user14636459)
sakit perut karena asam lambung naik. (freepik/user14636459)

Meskipun naiknya asam lambung saat puasa terbilang normal, kamu tetap harus mengutamakan cara untuk mencegahnya ya! Jangan sampai aktivitasmu terganggu karenanya. 

1. Hindari Tidur Setelah Sahur dan Berbuka

Setelah makan sahur, berilah jeda setidaknya setelah sahur ataupun berbuka, karena setelah makan, produksi asam pada tubuh akan meningkat. Alhasil, jika kamu langsung berbaring, asam lambung akan naik hingga ke esofagus. 

Terlebih lagi, jika kamu mengonsumsi makan sahur dalam porsi yang banyak, justru akan membuat produksi asam lambung meningkat karena jumlah asupan yang tinggi. Asam lambung yang naik ke kerongkongan akan menyebabkan refluks. Maka dari itu, hindari berbaring setelah makan sahur maupun berbuka.

2. Makanlah dalam Porsi Kecil 

Saat berbuka, utamakan makanan dengan porsi yang kecil untuk menghindari perut yang terasa penuh. Sebaliknya, makanlah lebih sering saat sahur dan berbuka walaupun porsi kecil. Hal ini akan membuat lambung terus terisi sehingga terhindar dari pembesaran atau penaikan asam lambung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x