Mohon tunggu...
AMELIA YULIANTI
AMELIA YULIANTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Pelajar

Pendidikan Sosiologi 2020 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Media Visual Sebagai Alat Bantu dan Pendukung Fasilitas Pembelajaran

24 Maret 2022   08:02 Diperbarui: 28 Maret 2022   15:23 3243
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi media visual

Amelia Yulianti

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

(yuliantiamelia98@gmail.com)

Dosen Pengampu mata kuliah : Subhan Widiansyah, M.Pd.

Abstract :

This article aims to provide an understanding for students and readers about the visual media used by teachers in the learning process. The use of visual media is as a tool that is able to display real things for the various phenomena studied. So that by using visual media students are not just imagining, but teachers can more easily show what is meant and what they want to convey to students. Visual media can be in the form of images and objects that can be seen directly through the sense of sight. One of the main focuses related to this visual media is as a tool for teachers in the process of delivering material which is not only done with the lecture method. Regarding the inhibiting factors, not all subject matter can be displayed using visual media, because not all educational institutions can provide visual media tools and equipment. So in this case the teacher must have a decision when determining visual learning media in providing subject matter to students so that the media used can provide positive results for students.

Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan pembaca tentang media visual yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Penggunaan media visual adalah sebagai alat yang mampu menampilkan hal-hal yang nyata untuk berbagai fenomena yang diteliti. Sehingga dengan menggunakan media visual siswa tidak hanya sekedar berimajinasi, tetapi guru dapat lebih mudah menunjukkan apa yang dimaksud dan apa yang ingin disampaikan kepada siswa. Media visual dapat berupa gambar dan objek yang dapat dilihat secara langsung melalui indera penglihatan. Salah satu fokus utama terkait media visual ini adalah sebagai alat bantu bagi guru dalam proses penyampaian materi yang tidak hanya dilakukan dengan metode ceramah. Mengenai faktor penghambatnya, tidak semua materi pelajaran dapat ditampilkan dengan menggunakan media visual, karena tidak semua lembaga pendidikan dapat menyediakan alat dan perlengkapan media visual. Maka dalam hal ini guru harus memiliki keputusan dalam menentukan media pembelajaran visual dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa agar media yang digunakan dapat memberikan hasil yang positif bagi siswa.

Keywords : Alat bantu, Fasilitas, Media Visual, Pembelajaran

1. Pendahuluan

Pada prosesnya pembelajaran bagi peserta didik sangat dipengaruhi oleh berbagai macam unsur, diantaranya yaitu dipengaruhi oleh guru dan dosen yang memahami secara utuh mengenai sifat dan karakteristik peserta didik, metode pembelajaran yang berpusat pada kegiatan peserta didik, sarana belajar peserta didik yang memadai, serta tersedianya berbagai macam sumber belajar dan media pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar lebih aktif, salah satunya yaitu dengan menggunakan media visual. Media visual merupakan salah satu media pembelajaran yang dipilih sebagai media yang mampu membantu guru atau dosen untuk menguasai bahan pelajaran serta metode yang digunakan, oleh karena media visual ini diartikan sebagai media yang mampu untuk menampilkan sebuah gambar atau lukisan yang dapat diperlihatkan dan dipahami maknanya oleh siswa secara jelas. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2003:57). Media visual dalam konsep pembelajaran visual berupa gambar, model, benda atau alat-alat lain yang dapat memberikan peserta didik pengalaman visual dalam bentuk nyata. Adapun menurut Daryanto (1993:27) media visual dimaknai sebagai semua alat peraga yang digunakan oleh guru dalam proses belajar yang dapat dinikmati oleh siswa melalui panca indera penglihatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun