Mohon tunggu...
AMELIA VIARINADA
AMELIA VIARINADA Mohon Tunggu... Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Strategi Memulihkan UMKM Akibat Dampak Pandemi Covid-19

27 Januari 2021   16:06 Diperbarui: 28 Januari 2021   15:12 63 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Strategi Memulihkan UMKM Akibat Dampak Pandemi Covid-19
portaljabar.net

Tahukah kalian apa strategi yang harus dilakukan untuk membantu memulihkan UMKM dari dampak negatif pandemic ini ?. Menurut wekipedia pamdemic covid-19 adalah kasus penyakit yang menyebar di wilayah yang luas. Sedangkan UMKM  adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Yang mana ini merupakan satu model baru dalam kegiatan perniagaan atau perdagangan. Tentu saja jika di Indonesia terjadi masa pandemic maka akan berdampak kepada UMKM karena, Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan sangat berhati - hati dengan membatasi bepergian dan konsumsi, tentunya hal ini berimbas kepada transaksi jual beli di pasaran.

Jadi, UMKM sekarang memang sangat menderita. Pandemi Covid-19 yang merebak di Tanah Air sejak Maret lalu telah menimbulkan dampak luas di berbagai sektor usaha. Hampir semua jenis usaha terjun bebas. Penutupan akses (lockdown) yang diberlakukan negara-negara eksportir menyebabkan rantai pasok (supply chain) global terganggu. Alhasil, selain terkendala bahan baku, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, kesulitan memasarkan produknya. Coba kalian bayangkan apa jadinya jika UMKM tidak memilki strategi untuk memulihkannya dari hasil dampak negatif pandemic? Tentu saja itu akan merugikan banyak orang sehingga banyak yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Apalagi setelah pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah untuk meredam penyebaran virus corona. Dunia usaha makin terjepit setelah daya beli masyarakat tergerus. Para pengusaha dihadapkan pada dua pilihan yang sama-sama sulit, yakni melakukan efisiensi besar-besaran, termasuk mem-PHK karyawan agar roda bisnis bisa tetap berputar, atau menutup perusahaannya. Maka dari itu sangat diperlukan strategi untuk bisa memulihkan UMKM akibat dampak negatif dari pandemic covid-19.

Kira- kira apa saja ya strategi yang harus dilakukan? Strategi yang harus dilakukan salah satunya adalah manfaatkan media sosial sebagai channel utama pemasaran, dalam keadaan social distancing, media sosial dapat menjadi salah satu cara dalam mempromosikan produk atau usaha yang sedang kita miliki. penggunaan teknologi dimasa sekarang akan menjadi solusi terbaik untuk membantu roda perekonomian UMKM tetap berjalan. Penjualan secara online pun terbukti lebih efektif pada era pandemi, terutama selama PSBB diterapkan secara ketat. Soalnya, penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara fisik. Kreativitas juga adalah cara terbaik bagi perusahaan untuk bertahan dan menyelamatkan perusahaan dan aset lainnya, yaitu karyawan .Dan juga manfaatkan teknologi dengan optimal.

Strategi lainnya adalah persiapkan Bisnis untuk lebih berkembang. Misalnya keahlian dalam melakukan pemasaran via digital atau mengembangkan platform e-commerce sendiri. Dengan demikian, ketika situasi kembali normal, pelaku usaha dapat lebih maju dibanding sebelumnya. Kemudian perbaiki kualitas produk dan layanan. Dan juga strategi menawarkan produk, bukan dengan cara mempromosikan keunggulan produk itu sendiri, tetapi membuat konten iklan yang menarik dengan komponen attention, interest, desire, dan action.

Strategi lainnya adalah dengan rencanakan ulang pendapatan dan pangkas anggaran biaya. Melihat kembali rencana anggaran biaya menjadi hal yang krusial di masa ini. Pemilik usaha harus dapat memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget dengan kondisi saat ini. Fitur budgeting yang ada di Jurnal akan membantu pemilik usaha membuat pos anggaran pemasukan dan pengeluaran sebagai acuan saat mendata realisasi penjualan dan pengeluaran operasional, sehingga margin keuntungan dapat terkontrol. Sementara melalui fitur Laporan Laba Rugi, pemilik usaha dapat menganalisa laporan pendapatan dan biaya.

Jadi, sebagai pelaku bisnis UMKM kita tidak perlu cemas. Pastikan bisnis kita tetap berjalan dan mampu bertahan pada saat kondisi pandemi saat ini. Dan mulailah merubah dengan berbagai macam strategi-strategi yang ada yang dapat kita gunakan sebaik mungkin untuk bisa memulihkan prekonomian dan UMKM saat ini!. Dengan tetap menjaga jarak dan menjaga kesehatan demi kenyamanan bersama!

amelia via rinada//202010160311294

VIDEO PILIHAN