Mohon tunggu...
Amelia Febrianti Rahail
Amelia Febrianti Rahail Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

27 November 2022   16:09 Diperbarui: 27 November 2022   16:12 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) Universitas Katolik Parahyangan, kegiatan ini dilakukan secara online setiap minggu sesuai dengan jadwalnya masing masing, dan saya mengikuti rangkaian kegiatan geladi hominisasi pada hari minggu, tanggal 20 November 2022. Dalam kegiatan tersebut, terdapat 3 susunan/ rangkaian yang terdapat, yaitu pra geladi, geladi, dan juga pasca geladi. Pada saat pra geladi, terdapat tugas yang harus saya kerjakan dimana tugas tersebut berisi soal -- soal tentang pendapat saya mengenai syair Lagu Indonesia Raya, bagaimana kita sebagai anak muda merawat bangsa, dan juga ada 1 film yang harus saya tonton dan menganalisa video tersebut dari pandangan kita sebagai anak muda.

 Setelah mengerjakan tugas pra geladi, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah mengikuti kegiatan geladi pada tanggal 20 November 2022. Dalam kegiatan geladi ini, banyak pembahasan yang dibahas , terutama tentang bagaimana kita menemui dan memanfaatkan potensi potensi yang ada di diri kita. Selain itu, dalam kegiatan geladi ini, terdapat tugas kelompok yang dimana tugas tersebut selesai pada hari itu juga. Dalam hal ini, saya tentunya mengenal orang -- orang baru dari unpar dari jurusan yang sama maupun dari jurusan lain yang sebelumnya belum pernah saya kenal. Dalam tugas kelompok ini, tentunya kita diajarkan bagaimana bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik agar dapat mengerjakan tugas dan menghasilkan yang terbaik. Dalam tugas ini, kami diminta untuk menganalisa tema yang sudah ditentukan dan didapat sesuai dengan kelompok masing -- masing dan menganalisis menggunakan SWOT ( Strength, Weakness, Opportunities, Threats) lalu kami diminta untuk mempresentasikan tugas tersebut.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan geladi ini, tentunya banyak manfaat yang saya dapatkan, yaitu bisa berkenalan dengan orang baru, juga saya diajarkan bagaimana bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik terutama dengan orang -- orang baru. Melalui kegiatan geladi ini juga, saya diajarkan untuk membangun kepercayaan diri saya dan berani untuk tampil dan berbicara di depan banyak orang untuk mempresentasikan tugas tugas tersebut serta memanfaatkan potensi yang ada di diri saya.  Setelah mengikuti rangkaian geladi hominisasi, saya juga sadar bahwa penting untuk menggunakan logika dan Bahasa sebagai warga negara, karena tentunya kita perlu menggunakan logika dan Bahasa yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain dan dalam hal ini, tentunya kita diajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik melalui tugas kelompok tersebut.

Kemampuan  yang saya miliki dalam diri saya dan ingin saya tingkatkan saat berkuliah adalah bagaimana saya bisa berdinamika dalam kelompok dan belajar untuk berani mengutarakan pendapat -- pendapat atau opini yang terdapat dalam diri saya. Saya juga ingin meningkatkan cara berpikir dan berbahasa saya sebagai warga negara dengan cara berpikir menggunakan logika dan kritis serta belajar untuk bersosialisasi.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun