Mohon tunggu...
Amalia Azahra Putri
Amalia Azahra Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - perfectly imperfect

"Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta" 21107030136

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Studio Alam Gamplong, Tempat Wisata di Yogyakarta yang Memikat Mata!

14 Juni 2022   18:37 Diperbarui: 14 Juni 2022   18:48 242 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yogyakarta dijuluki sebagai kota yang istimewa memang benar adanya. Dengan suasana kotanya yang selalu memikat rindu hingga membuat candu untuk menuai temu, membuat mereka, khususnya para pelancong yang tidak pernah bosan untuk mengunjungi kota yang dikenal sebagai kota pelajar ini. 

Jika kalian mengunjungi Yogyakarta atau hanya sekedar berkunjung, Studio Alam Gamplong menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata yang patut kamu kunjungi. 

Untuk menuju lokasi wisata Studio Alam Gamplong sangatlah mudah, yang beralamatkan di daerah  Sleman, tepatnya di Dukuh, Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Fakta menariknya adalah, Studio Alam Gamplong merupakan sebuah tempat dimana untuk pengambilan gambar untuk syuting film The Untold Love Story pada tahun 2017, film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. 

Tidak hanya itu saja, Studio Alam Gamplong juga dijadikan tempat syuting film yang sangat populer pada tahun 2019, yakni film Bumi Manusia yang lagi-lagi disutradarai oleh sutradara ternama yakni, Hanung Bramantyo. 

Dikutip dalam travelspromo.com, Studio Alam Gamplong bermula diprakarsai oleh Mooryati Soedibyo, beliau adalah pengusaha sukses pendiri Mustika Ratu. Beliau yang sudah hampir berusia sekitar 91 tahun ini, awalnya berniat ingin menyumbangkan sebuah film untuk bangsa. 

Beliau juga ingin nantinya film tersebut dapat memberikan pelajaran tentang pengembangan karakter dan juga kepemimpinan. Dari tujuan itulah yang kemudian dipilihnya Sultan Agung sebagai inspirasinya. 

Setelah syuting film selesai dilakukan, pihak Mooryati Soedibyo kemudian menghibahkan studio ini ke pemerintah daerah setempat. Set yang telah didirikan tidak dirobohkan namun diberikan kepada Bupati Sleman, Sri Purnomo untuk dijadikan sebagai tempat wisata baru, dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Juli 2018. 

Walaupun studio alam tersebut memiliki set sementara yang bisa dirubuhkan kapan saja, akan tetapi Studio Alam Gamplong memiliki set permanen bernama Pendopo Serbaguna.

Wisata Studio Alam Gamplong buka setiap hari, pada pagi sampai dengan sore hari, tepatnya ada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Ketika kamu sudah sampai di tempat tujuan, kamu langsung diarahkan ke tempat parkir yang sudah disediakan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan