Mohon tunggu...
ambuga lamawuran
ambuga lamawuran Mohon Tunggu... Pengarang

Menulis novel Rumah Lipatan, novel Ilalang Tanah Gersang dan antologi cerpen Perzinahan di Rumah Tuhan.

Selanjutnya

Tutup

Kotaksuara Pilihan

Rayakan Ramadan, PHDI Ngada Himbau Saling Memaafkan dan Terima Hasil Pemilu

5 Juni 2019   11:08 Diperbarui: 5 Juni 2019   17:05 0 1 1 Mohon Tunggu...
Rayakan Ramadan,  PHDI Ngada Himbau Saling Memaafkan dan Terima Hasil Pemilu
Ketua PHDI Kabupaten Ngada, I Gusti Agung Ketut Artanaya | Dokpri

Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri 1440/H 2019 M dirayakan Umat Muslim pada hari Rabu (5/6/2019). Hari ini tentulah hari yang membahagiakan. Selama sebulan penuh umat Muslim telah melakukan puasa, dan saat Lebaran, umat Muslim diharapkan kembali suci dan bersih. 

Ucapan selamat kepada umat Muslim pun datang dari beragam pihak, termasuk dari umat beragama lain. Selain mengucapkan selamat Lebaran, mereka pun menghimbau agar setiap umat bisa menerima hasil pemilu yang telah diumumkan, agar kehidupan toleransi dan momen Idul Fitri di Indonesia tetap terpelihara. 

Ketua PHDI Kabupaten Ngada,  I Gusti Agung Ketut Artanaya, mengatakan setiap umat mesti menjaga kerukunan dalam Idul Fitri ini, salah satunya berbesar hati menerima hasil pemilu yang telah berlangsung. 

"Kita merayakan Idul Fitri ini bertepatan dengan masa-masa Pemilu. Karena itu, untuk menjaga kerukunan, kita mesti menerima hasil Pemilu itu dengan besar hati. Sehingga momen Idul Fitri ini kita semua menjadi bersih kembali," katanya, Rabu (5/6). 

Sebagai umat Hindu, dirinya sangat menjaga toleransi yang telah terpupuk dengan baik selama ini. 

Salah satu momen yang sempat disebutnya adalah kerusuhan yang berlangsung di Ibukota Negara pada tanggal 21-22 Mei 2019.

"Menyikapi kerusuhan yang terjadi pasca pengumuman KPU kemarin, tanggal 21 dan 22 Mei di Jakarta, saya selaku tokoh umat Hindu Dharma Kabupaten Ngada, sangat mendukung kinerja kepolisian. Saya menilai ternyata bukan semo seperti biasanya," katanya. 

Dia menilai, aksi itu telah disusupi oleh para perusuh yang tidak bertanggung jawab. 

"Kepolisian sudah luar biasa karena sudah mampu  mengungkapkan dan menangkap pelaku kerusuhan, sehingga tidak  melebar dan tidak  terjadi lebih parah. Padahal setelah ditelusuri dan saat ditangkap beberapa orang, ditemukan uang dalam amplop," ujarnya. 

Dia pun mengucapakan selamat kepada presiden dan wakil presiden yang telah diumukan KPU Pusat.
"Saya mengucapkan selamat kepada calon presiden dan wakil Presiden terpilih periode 2019 - 2024,  sesuai hasil pengumuman resmi KPU RI, dengan terpilihnya kembali Bapak Joko Widodo. Kami berharap pembangunan yang telah dilaksanakan beliau ke depan  bisa dilaksanakan secara aman, lancar, merata dan tidak lebih terfokus pada satu tempat," ungkapnya.

Dia pun berharap, presiden dan wakil presiden terpilih memperhatikan juga hal-hal yang menjadi isu-isu pendidikan dan kesehatan.