Mohon tunggu...
Ambae.exe
Ambae.exe Mohon Tunggu... .

Computer Application, Maintenance and Supplies

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berburu Takjil Gratis Selama Ramadan 1438

1 Juni 2017   00:47 Diperbarui: 1 Juni 2017   00:59 0 0 0 Mohon Tunggu...
Berburu Takjil Gratis Selama Ramadan 1438
Pengunjung Pantai Seruni Bantaeng dimanjakan ratusan takjil gratis hasil donasi berbagai lembaga Pemerintah maupun swasta selama bulan suci Ramadhan 1438 H (31/05).

Sedikitnya 57 institusi terkonfirmasi siap menyajikan takjil selama bulan suci Ramadan 1438 H. Takjil ini disiapkan di Masjid An-Nur Islamic Sport Centre Pantai Seruni Bantaeng secara gratis. Penyedia takjil bukan hanya dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng. Turut melibatkan diri Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, GOW Kabupaten Bantaeng, DWP Kabupaten Bantaeng, BUMN, Perhotelan, Perbankan, Koperasi dan sejumlah Rumah Makan di daerah ini.

Syamsuniar Malik (Sekretaris Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng) selaku koordinator event mengungkapkan, "Masing-masing penyedia bakal menyiapkan minimal 100 paket takjil. Dalam sehari ada 3 instansi atau lembaga yang akan berpartisipasi seperti sudah disusun jadwalnya oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Ibu Ir. Hj. Liestiaty F. Nurdin, M.Fish."

Dirinya juga menyampaikan jika masyarakat umum dapat Berbuka Bersama di Masjid yang ada di kawasan Sport Centre tersebut. Ketika Tim AMBAE menyambangi Masjid ini, Rabu petang (31/05) tampak ratusan warga di teras Masjid sedang menunggu saat berbuka puasa. Di hadapannya telah siap satu paket takjil berupa es buah, beragam kue dan air mineral.

Suasana kebersamaan begitu harmonis sesama muslim dan muslimah. Jama'ah laki-laki (muslim) ditempatkan di sisi Selatan Masjid, sementara jama'ah perempuan (muslimah) pada sisi Timur dan Utara. Masjid An-Nur yang terbilang cukup mungil dengan kapasitas daya tampung relatif sedikit membuat pengurus Masjid memberlakukan kebijakan agar kegiatan Berbuka Puasa tidak diadakan di dalam badan Masjid untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan saat menunaikan Shalat.

Kegiatan Berbuka Puasa ini telah berlangsung tiap tahun yang diprakarsai Pemerintah Kabupaten Bantaeng. Namun sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana warga menikmati takjil saat Berbuka Puasa di Tribun Pantai Seruni Bantaeng. Sejak Masjid An-Nur rampung dibangun dan digunakan Shalat beberapa bulan lalu, kegiatan keagamaan seperti Berbuka Puasa dialihkan di Masjid ini.

Hal menarik lainnya, Forum Anak Butta Toa (FABT) Kabupaten Bantaeng sebagai organisasi resmi anak turut berperan aktif selama pelaksanaan Berbuka Puasa Bersama. Puluhan anak itu berkesempatan membantu pengurus Masjid An-Nur menyiapkan dan mengatur takjil hingga selesai Berbuka Puasa. Peranan anak-anak ini dirasakan manfaatnya bagi warga. "Saya salut dengan anak-anak kita yang lihai mengatur takjil. Kami cukup duduk saja dan bersiap Berbuka Puasa. Bahkan anak-anak juga turut membersihkan area ini setelah Berbuka Puasa. Dibanding hanya bermain dan melakukan kegiatan tidak terpuji, saya bangga dan harus mengapresiasi anak-anak kita." tutur Sudirman (pengunjung Pantai Seruni Bantaeng dari Jeneponto). (AMBAE)


salam #AMBAE