Mohon tunggu...
Amara Danella
Amara Danella Mohon Tunggu... Akun Pembelajaran Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

BTS, ARMY, dan Politik. Bagaimana Hubungannya dengan Budaya?

17 Maret 2021   19:15 Diperbarui: 17 Maret 2021   19:22 134 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BTS, ARMY, dan Politik. Bagaimana Hubungannya dengan Budaya?
scmp.com

Budaya populer saat ini dikenal dengan istilah budaya pop. Budaya populer merupakan bentuk budaya yang paling banyak dikonsumsi oleh khalayak saat ini. 

Makna tersendiri dari budaya populer adalah bagaimana masyarakat mulai mempraktekan budaya tersebut dan mengkonsumsinya sebagai bentuk bagian dari kehidupannya (Rastati, 2020). Tidak ada ajaran budaya populer mengenai kelas elite atau bahkan budaya tinggi. Hal ini dikarenakan budaya populer erat kaitannya dengan pola kemasyarakatan saat ini. 

Banyak sekali fokus utama dalam budaya popular. Namun, kali ini saya akan membagikan sebuah bentuk budaya populer yang sangat tidak asing di telinga para remaja hingga bahkan orang tua sekalipun. Budaya tersebut adalah K-Music atau sering disebut sebagai K-pop. 

Industri musik Korea Selatan merupakan pelaku utama produksi musik-musik dengan style budaya Korea yang didistribusikan kepada seluruh konsumen di seluruh dunia. Siapa yang tidak tahu apa itu K-Pop? Sangat mustahil apabila tidak ada yang mengetahuinya.

Dalam pembahasan ini budaya popular dalam bidang K-Pop yang saya pilih adalah BTS. Bangtan Sonyeondan () atau BTS merupakan salah satu boyband ternama di Korea Selatan. Karir yang diraih oleh boyband ini tidak main-main. Di awali dengan masa debutnya menjadi idol pada 13 Juni 2013 lalu, perjuangan mereka terbilang tidak mudah. 

Mulai dari tidak ada yang tahu tentang band mereka hingga ancaman dari pihak agensi untuk membubarkan BTS. Namun, kehendak Sang Pencipta berkata lain. Pada tahun 2018 pada era lagu "DNA" muncul, ketenaran mereka beruba 360 derajat. 

Bahkan hingga saat ini BTS menjadi budaya besar-besaran tidak hanya di Korea Selatan melainkan sampai ke kancah internasional. Baru-baru ini BTS pun diundang hingga masuk nominasi ajang Grammy Awarad 2021 di Amerika. Hal tersebut menjadikan mereka satu-satunya idol Asia yang berhasil masuk ke Grammy. 

Pengaruh BTS juga tidak main-main. Dapat dilihat dengan adanya marketing strategy oleh beberapa pihak seperti Tokopedia Indonesia. Tokopedia menjadikan BTS sebagai Brand Ambassado-rnya.

Tujuannya tentu menarik minat dan juga mempengaruhi para penggemarnya. Dengan cara tersebut, tentu Tokopedia akan mendapatkan sanjungan, penilaian, dan konsumen yang lebih banyak. 

Kepopuleran BTS sungguh merubah kehidupan musik saat ini. Dapat dilihat bahwa saat ini selera musik anak muda lebih condong pada musik Korea Selatan. Bahkan BTS juga sudah membuat berjuta-juta orang diseluruh dunia bersatu dan memiliki nama keanggotaan, yaitu ARMY.

ARMY merupakan satu komunitas yang berisikan beribu-ribu orang di dalamnya dan mereka memiliki konsep 'kesetiaan' bagi idolnya. ARMY adalah salah satu fandom K-Pop musik yang merupakan fandom terbesar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN