Mohon tunggu...
Amanda Vardha Aulia
Amanda Vardha Aulia Mohon Tunggu... Novelis - amandavrdh

it won’t always be easy, but always try to do what’s right

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuliah Dulu atau Kerja? Atau Mungkin Keduanya?

3 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 3 Desember 2022   12:05 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kuliah dulu, atau langsung lanjut kerja? Lulus dari jenjang SMA merupakan momen yang paling dinantikan oleh sebagian besar siswa setelah menempuh 12 tahun di dunia pendidikan. Bingung, gelisah, sedih, bahagia, dan lain-lain telah selesai dirasakan di bangku sekolah. Namun, ketika seorang siswa sudah menginjak kelas XII akan muncul pertanyaan 'kuliah atau kerja?' di benak mereka. Hal ini tentang penentuan nasib yang akan di rasakan di masa depan. Pertanyaan tersebut mungkin akan mudah dijawab oleh sebagian siswa, namun bisa jadi untuk siswa lain akan kesulitan menjawabnya. Karena, untuk menjawab pertanyaan tersebut diperlukan berbagai pertimbangan secara matang untuk melanjutkan kuliah atau langsung bekerja.

Melanjutkan kuliah akan menjadi pilihan paling utama untuk siswa yang ingin menambah bekal ilmu pengetahuannya. Sebab, bangku perkuliahan akan menjadi tempat belajar baru bagi siswa SMA yang baru lulus. Sangat berbeda dengan sekolah, kuliah menyajikan sistem belajar yang memfokuskan pada program studi tertentu. Banyak orang berkata bahwa kuliah itu untuk meraih gelar, supaya disebut sebagai orang pintar yang berpendidikan, agar bisa hidup sukses dan berhasil, agar mudah mendapatkan pekerjaan dengan gelar yang diperoleh, atau bahkan agar lebih terpandang dengan status sosial dan taraf hidup yang meningkat. Maka banyak sekali yang berani membayar mahal untuk biaya kuliah S1, S2, bahkan sampai S3.

Namun nyatanya, ada 2 hal yang tidak banyak orang mengantisipasi sebelum memilih bangku perkuliahan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus SMA. Yaitu yang pertama, seorang mahasiswa tentu tidak akan tahu bagaimana yang akan terjadi  pada sistem dunia kerja di masa mendatang. Dan yang kedua, berkaitan tentang campur tangan Tuhan, akan bagaimana dan seperti apa perkuliahan nantinya.

Bagi siswa kelas XII yang memilih untuk melanjutkan bekerja tanpa kuliah, biasanya memiliki alasan tertentu seperti ingin membantu orang tua mencari rezeki, ingin memiliki penghasilan sendiri, ingin menabung untuk melanjutkan kuliah dengan hasil jerih payah sendiri. Karena pada faktanya, persiapan kuliah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Berbicara tentang kerja, tentu akan mendapatkan sedikit banyak pengalaman secara langsung di dunia kerja. Karena dengan bekerja, akan membuat kalian lebih open-minded. Tak hanya itu, akan ada banyak tuntutan, tekanan, dan target yang harus tercapai Ketika kita terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

Kalian dibayar jika memilih bekerja, dan harus membayar jika memilih kuliah. Mau yang mana? Melihat dari kedua pilihan ini, kuliah dan bekerja tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika melihat fakta di lapangan, seseorang yang kuliah memang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan dengan jabatan tinggi yang diharapkan banyak orang, tetapi dengan berkuliah akan bisa menjadi tahapan dan pendukung untuk karir kedepannya. Pendidikan tinggi akan memberikan peluang besar dalam mendapatlan pekerjaan yang layak. Seseorang yang memilih bekerja dibanding kuliah, tentu merupakan sebuah pilihan yang tidak mudah apalagi berkaitan dengan masa depan. Tidak salah jika memilih bekerja, atau bahkan mau melakukan keduanya? Latar belakang pendidikan memang penting, namun sering kali pengalaman kerja yang lebih diutamakan.

Nah, tidak sedikit juga mahasiswa yang berkeinginan dengan melaksanakan perkuliahan sambil bekerja. Kuliah sambil kerja juga dapat membantu kita supaya bisa belajar bersosialisasi dengan lingkungan dan orang baru dengan berbagai macam karakter. Sehingga, ketika nanti sudah lulus kuliah, akan terbiasa dengan perbedaan karakter dari masing-masing individu. Dari lingkungan baru ini, kita bisa menambah koneksi dari hubungan pertemanan di kampus dan di tempat kerja supaya lebih luas. Disamping itu, dengan koneksi yang didapat bisa memudahkan kita mencari info pekerjaan setelah lulus kuliah nanti.

Kuliah sambil kerja tentu tidak akan menjadi masalah selama kita dapat mengatur waktu dengan baik. Jika kuliah dan kerja dilakukan dengan baik, maka akan menjadi boomerang dan keuntungan bagi diri sendiri. Namun, sebelum memutuskan untuk kuliah sambil bekerja, lebih baik berdiskusi terlebih dahulu dengan orang tua dan pastikan dapat mengaturnya dengan baik. Nah, dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa yang perlu difikirkan baik-baik adalah, dimana passion kita sebenarnya?

Jadi, berkuliahlah, bekerjalah, atau berkuliah sambal bekerjalah dan silahkan menjadi apa saja yang kalian mau. Semua keputusan akan menjadi pilihan yang baik dan ideal bagi tiap individu siswa, yang terpenting adalah bagaimana pilihan tersebut dapat menjadi manfaat bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia yang lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun