Mohon tunggu...
Amanda Mutoharoh
Amanda Mutoharoh Mohon Tunggu... Astrophille

Mahasiswi Komunikasi loves write,read and just want to share anything, Let's Read!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Menghadapi Kenyataan Menjadi Mahasiswa Semester Tua di Kampus

17 Oktober 2020   23:58 Diperbarui: 18 Oktober 2020   00:06 52 1 0 Mohon Tunggu...

Menjadi salah satu mahasiswa ditingkat pertama adalah hal yang paling menyenangkan,juga rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Mencoba hal-hal yang belum atau sudah pernah kita lakukan pada jenjang SMP,SMA tanpa di sadari semua itu akan mengulang. Saya pernah membaca sebuah buku,yang pada intinya manusia silih berganti tapi tidak dengan sejarah yang terus akan mengulang di kehidupan masa depan. Sama hal-nya dengan menjalankan sebuah proses pendidikan dari mulai TK hingga saat ini, semester 6 bisa terbilang menjadi mahasiswa yang paling tua dan sok tau di antara mahasiswa tingkat bawahnya.

Perkuliahan memang bukan jenjang untuk berlari lebih awal ataupun berakhir lebih awal, tetapi kita di tuntut untuk hal itu. Perspektif yang harus di putar 360 derajat, coba kalian pilih lulus lebih awal tapi pengangguran atau lulus ahir tapi langsung mendapatkan gaji UMR Jakarta?. Lebih baik lulus tepat waktu, dan mendapat pekerjaan kan.

Kilas balik semester awal, biasanya terbagi menjadi 2 mahasiswa yaitu Kura-kura alias kuliah rapat dan Kupu-kupu Kuliah pulang. Keduanya menarik, untuk mahasiswa kura-kura ini pastinya terkenal di kampus karena biasanya selalu mengikuti rapat dan berhubungan dengan petinggi kampus.

Benefitnya , menambah CV (Curiculum Vitae) untuk dunia kerja dan yang pasti lebih berani mengambil pengalaman juga resiko kehidupan. Mahasiswa kura-kura juga jangan sedih, biasanya akan ada segelintir orang yang malas akan dunia kampusnya.

Nah, salah satu usaha yang harus kita ambil adalah mengikuti komunitas,event kampus,workshop,seminar di luar kampus juga bisa melakukan kegiatan yang mengasah hobi kita seperti memotret atau menjadi fotografer yang gunanya untuk membuat protofolio yang akan sangat berguna di dunia kerja nanti .

Keadaan keduanya sama halnya memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman, semua mahasiswa itu sama. Berjuang dan mempelajari hal baru akan menguba cara pandang kita terhadap apapun, juga lebih waras guna menghadapi dunia beserta jejerannya.

Untuk menjadi seorang mahasiswa semester tua atau tingkat ahir, salah satu yang harus di tanamkan di hati adalah "rasa tanggung jawab dan percaya diri". Tanggung jawab harus menyelesaikan kuliahnya, percaya diri akan hasil dari survivenya selama 3 tahun terahir di kampus. Pertanyaan seperti "kapan lulus?", "judulnya udah dapet?", "magang dimana nih?", ''skripsi tuh garap" dengarkan saja, karena itu adalah salah satu resiko dan kewajiban yang memang harus di tuntas kan demi masa depan yang lebih baik lagi. So? Jangan pernah menunda-nunda waktu, kerjakan skripsi setiap hari walaupun 1-3 lembar. Semangat ya, mahasiswa tingkat ahir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x