Mohon tunggu...
Amanda Nasution
Amanda Nasution Mohon Tunggu... Freelancer bloger

https://www.linkedin.com/mwlite/me

Selanjutnya

Tutup

Film

"Midway" Review

9 November 2019   07:46 Diperbarui: 9 November 2019   07:49 0 2 2 Mohon Tunggu...
"Midway" Review
dok : Lionsgate

Assalamu'alaikum, Readers,

Midway film sejarah yang menceritakan pertempuran laut antara angkatan laut Amerika dengan pasukan laut Jepang, yang terjadi ditengah-tengah gejolak perang dunia ke-2.

Film ini langsung dibuka dengan adegan penyerangan yang dilakukan angkatan laut Jepang terhadap pangkalan militer Amerika yang tidak mampu memberikan perlawanan yang berarti. Dan itu membuat angkatan laut Amerika mencoba melakukan serangan balasan dengan beberapakali merancang strategi penyerangan, selalu bisa ditahan oleh angkatan laut Jepang. 

Untuk menang dari Jepang tidak hanya dibutuhkan strategi yang tepat, tapi juga me mbutuhkan keberanian dan tekad yang lebih. Karena Jepang sendiri tidak ragu mati untuk membela negaranya. Yah, Jepang dikenal dengan harakiri-nya saat seseorang merasa gagal. Dan itu kehormatan bagi mereka.

C E R I T A

dok : Lionsgate
dok : Lionsgate
Selain pertempuran hampir disepanjang film, yah namanya juga film perang ya, film ini juga memperlihatkan bagaimana strategi perang disusun,. Bagaimana pada jaman itu para prajurit tidak sekedar mampu mengendalikan pesawat dan menggunakan sejata atau alat perang, tapi juga mampu menghafal dan menggunakan alat yang masih manual. 

Menonton film ini dengan membandingkan dengan peperang jaman sekarang, yang semuanya serba otomatis, komputeris dan modern, rasanya hebat sekali tentara jaman dulu berperang. Sebagian besar menjalankan mesin dengan cara manual, tidak hanya butuh otak, tapi juga tenaga yang besar. Bahkan saat torpedo dilepaskan, menentukan arahnya pun masih manual.

Film ini diambil dari sisi tentara laut Amerika yang menyusun strategi untuk melakukan serangan balasan terhadap pasukan laut Jepang yang menyerang mereka di Pearl Harbor. Dan sedikit menggambarkan, bagaimana angkatan laut Jepang dengan gampang 'menjawab' serangan Amerika tersebut. Dan kita bisa melihat, begaimana setianya tentara Jepang terhadap kaisar dan negaranya. Dan bagaimana Jepang membuat bingung Amerika karena selalu tau apa yang akan dilakukan Amerika terhadap Jepang sebagai serangan balasan.

Karena setiap personal di dalam angkatan militer memiliki kehidupan pribadi, maka film ini pun dibumbui kehidupan pribadi beberapa anggota pasukan. Tentang mereka yang berduka karena mitra mereka tewas dalam peperangan, dan bagaimana keluarga yang selalu menunggu dengan kecemasan luar biasa. Dan pastinya ada rasa takut yang tiba-tiba datang membuat ragu untuk turun ke medan perang, dan saling menguatkan sehingga siap kembali berperang.

Cukup komplit ya nih film perang, yang memang ceritanya diambil dari kisah sejarah. Perang dunia ke-2, dimana Jepang mengalami kekalahan besar, khususnya pada peperangan dilaut.

G A M B A R

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x