Mohon tunggu...
Amanda Nasution
Amanda Nasution Mohon Tunggu... Freelancer bloger

https://www.linkedin.com/mwlite/me

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Yuk Cari Tahu tentang Penyakit Tidak Menular

29 Juni 2019   23:15 Diperbarui: 1 Juli 2019   09:08 0 2 1 Mohon Tunggu...
Yuk Cari Tahu tentang Penyakit Tidak Menular
Makassar Terkini - Terkini ID doc

Readers, dalam rangkaian Hari Tanpa Tembakau Dunia 2019 yang diperingati setiap 31 Mei, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular atau P2PTM Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyelenggarakan workshop selama 2 hari, 18-19 Juni 2019, di Hotel Royal Kuningan dan beberapa rumah sakit di Jakarta.

Acara yang dihadiri sejumlah pelaku dan petugas kesehatan, termasuk staff rumah sakit, dan para blogger di bagi dua  sesi besar, 18 Juni pembekalan materi yang di adakan di Hotel Royal Kuningan dan kunjungan setengah hari ke rumah sakit yang sudah dipilih oleh panita. Kunjungan ini dikhususkan untuk para blogger aja sih. 

Tujuannya, pasti lah agar para blogger bisa memberikan informasi tentang kesehatan, pencegahan penyakit, terutama penyakit tidak menular, dan penyembuhannya.

Mengangkat tema tentang penyakit tidak menular, kita di buat sadar begitu banyak penyakit mengincar dikehidupan kita sebenarnya, terutama yang diakibatkan pola hidup yang tidak sehat. 

Seperti kalau kita mengkonsumsi lemak dan karbohidrat berlebih, namun kita kurang bergerak. Hasil pembakaran karbohidrat yang seharusnya tersalurkan menjadi tenaga, karena tidak terjadi pembakaran oleh kegiatan fisik tubuh, menjadi tumpukan lemak ditubuh. Tumpukan lemak ini tidak sekedar menjadi awal obesitas, atau kegemukan, tapi juga menjadi pemicu penyakit. Tidak menular sih, tapi cukup menakutkan.

wajib baca.com doc
wajib baca.com doc
Beberapa penyakit yang saat ini trand dan tidak asing bagi kita, dan disebabkan oleh kelebihan karbohidrat yang kemudian menjadi lemak, adalah stroke, jantung, lever, paru-paru, kanker dan lain-lain. Tercatat penyakit jantung menjadi pembunuh nomer satu di Indonesia, di susul kanker. Dari kanker sendiri tercatat kanker payudara dan serviks menjadi salah satu mesin pembunuh. Serem nih.

Kemudian ada hal yang kita anggap sepele dan ga penting, paparan asap rokok! Paparan asap rokok ternyata menjadi salah satu penyebab tercetusnya peyakit tidak menular, dan cukup akut. Terlihatkan, kembali pola hidup yang tidak baik dan tidak sehat. 

Padahal jumlah perokok mengalami peningkatan, sementara usia perokok pemula semangkin muda. Ini bisa menjadi indikasi makin mudanya usia saat seseorang ditemukan memiliki riwayat penyakit jantung, gula bahkan kanker, walau pun beberapa penyakit bisa jadi karena ada factor keturunan, namun terbukti factor genetic sebagai penyebab sebuah penyakit hanya 10%, sisanya adalah factor kesehatan lingkungan dan gaya hidup.

wajib baca doc
wajib baca doc
Bener sih kalau dibilang takdir, tapi kewajiban kita adalah berupaya untuk sehat dan tetap sehat. Salah satunya ya itu, mengatur pola hidup dan konsen dengan kebisaan yang membuat hidup lebih sehat dan mengurangi polusi, serta menghidari paparan asap rokok. Yah...stop rokok aja sekalian ya.

Di hari kedua para bloger diberi kesempatan untuk melihat beberapa rumah sakit, dan berinteraksi dengan para penyandang penyakit tidak menular. Kami di bagi ke beberapa grup, kebetulan aku mendapat jatah ke rumah sakit kanker Dharmais. Rumah sakit kanker terlengkap yang dimiliki Indonesia, dan menjadi salah satu rumah sakit rujukan, terutama untuk penderita kanker. 

img-20190701-wa0033-5d1969760d823078ef7b2c23.jpg
img-20190701-wa0033-5d1969760d823078ef7b2c23.jpg
Duh, miris melihat mereka yang sedang berjuang melawan kanker. Miris dan salut. Aku agak melo sih ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x