Mohon tunggu...
Amanda DiahFabian
Amanda DiahFabian Mohon Tunggu... coretan kata

malang

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia

16 Oktober 2020   13:55 Diperbarui: 16 Oktober 2020   14:05 22 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali pelajar yang meremehkan pelajaran bahasa Indonesia. Mereka beranggapan bahwa belajar bahasa Indonesia itu tidak ada gunanya, karena tanpa mereka belajarpun mereka setiap hari juga sudah bisa menggunakan bahasa Indonesia. Padahal tanpa mereka sadari mereka belum tentu bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Banyak sekali hal penting yang perlu dipelajari dalam belajar bahasa Indonesia dan semua yang dipelajari itu akan sangat berguana di dunia kerja dan dikehidupan sehari-hari.

Kita harus bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bagaimana sih bahasa Indonesia yang baik dan benar? Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa yang sesuai dengn situasi, sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa baku. Bahasa baku adala bahasa resmi atau formal yang seuai dengan pedoman bahasa yang bersumber dari KBBI. Bahasa baku umumnya bisa digunakan untuk kalimat baik tulisan maupun lisan yang resmi. Jadi kita bisa membedakan diamana kita bisa membedakan dimana menggunakan bahasa resmi dan non resmi sesuai keadaan.

Bahasa indonesia adalah bahasa persatuan yaitu bahasa yang digunakan masyarakat Indonesia untuk berkomunikasi. Indonesia mempunyai beragam suku, setiap suku mempunyai bahasa yang berbeda-beda untuk berkomunikasi antar suku maka digunakanlah bahasa Indonesia. Karena setiap suku tentu tidak tahu atau tidak mengerti bahasa dari suku lain, agar tidak terjadi kesalah pahaman atau perpecahan maka di ciptakanlah bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di Indonesia.

Bahasa Indonesia itu sangat penting untuk dipelajari, tapi entah mengapa banyak sekali yang meremehkannya bahkan mengabaikannya. Padahal bahasa Indonesia itu adalah bahasa mereka sendiri dan akan selalu berhubungan dengan kehidupan sehari-hari bahkan di dunia kerja. Seperti contoh ketika kita mengahadapi bos dipekerjaan, maka kita harus menggunakan bahasa baku agar terlihat sopan tidak mungkin kita menggunakan bahsa sehari hari bahkan menggunakan bahasa gaul. Seperti contoh lagi dalam menulis surat lamaran pekerjaan, amat sangat dibutuhkan ilmu tentang bahasa indoneisa dan menulis surat alamaran pekerjaan itu juga diajarkan dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Kalau kalian paham betul belajar bahasa Indonesia itu tidak mudah, baik bahasa Indonesai secara lisan maupun tulisan. Banyak sekali atura-aturan dalam Bahasa indonesia, tetapi belajar bahasa Indonesai itu sangat menyenangkan dan kita akan mendapaatkan banyak sekali manfaat yang akan sangat berguna dalam kehidupan. Tidak mungkin apabila bahasa Indonesia tidak penting tetapi diterapkan sebagai pelajaraan pokok dari SD sampai SMA bahkan di Unkan.

Jadi bahasa Indonesia itu sangat penting baik untuk pelajar maupun masyarakat, tidak ada yang sia-sia dalam mempelajari sesuatu semua ilmu itu bermanfaat jadi jangan suka meremehkan segala sesuatu tanpa melihat dari sudut pandang yang lain.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x