Mohon tunggu...
amanda melviana
amanda melviana Mohon Tunggu... Siswi

Siswi SMKN 37 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kue Cucur, Punya Beragam Nama di Setiap Daerah dan Negara

14 Agustus 2020   15:16 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:24 8 1 0 Mohon Tunggu...

Kue cucur adalah kuliner indonesia yang banyak di gemari setiap generasi. selain rasanya yang khas kue cucur juga punya nama yang unik di setiap daerah bahkan negara.

kue tradisional ini sudah tersebar di beberapa pulau di Indonesia seperti pulau Jawa, pulau Sumatra, pulau Kalimantan, dan pulau Sulawesi. Hingga kini sudah tersebar ke negara tetangga, seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, India, dan
Srilangka

di Malaysia kue khas Indonesia ini di kenal dengan nama kuih cucur, dan ada beberapa jenis, antara lain cucur badak, cucur gula merah, cucur berlauk, dan cucur jawa.

di Brunei Darussalam di kenal dengan nama pinyamar. berbeda dengan Thailand, di Thailand kue cucur di kenal dengan nama khonom fak bua atau khanom chuchun. sementara itu di india di kenal dengan nama neyyappam.

di Indonesia sendiri, awal mulanya kue cucur adalah bawaan bangsa asing yang datang kala itu, sayangnya tidak ada literatur yang menyebutkan bangsa mana dan kapan .

karna bahan dan cara pembuatannya yang mudah kue cucur di terima masyarakat Indonesia, dan menjadi salah satu jajanan tradisional, di Betawi sendiri konon katanya kenapa di sebut kue cucur karna pembuatanya meneteskan adonan ke atas loyang dalam bahasa Betawinya ngocor, yang di haluskan oleh para pendatang menjadi cucur

VIDEO PILIHAN