Mohon tunggu...
Nurul Amalia
Nurul Amalia Mohon Tunggu... Berbagi tanpa mengurangi

Semua tulisan ini saya dedikasikan untuk semua teman-teman yang mencari sumber referensi bacaan tentang ekonomi dan hal lainnya. Kesulitan saya untuk mencari sumber bacaan yang sesuai dengan yang saya inginkan mendorong saya untuk tetap menulis di sini. Terima Kasih kepada Bapak Adhitya Wardhono yang telah mengajak mahasiswanya untuk menulis.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Ditransfer Sama Rekening Atas Nama Bank Indonesia? Itu Penipuan!

21 Februari 2021   11:32 Diperbarui: 21 Februari 2021   11:39 46 4 2 Mohon Tunggu...

Akhir-akhir ini beredar info mengenai "PENIPUAN TRANSFER DARI REKENING BANK INDONESIA".

Miris? Ya!

Hal ini menandakan apa? Jelas menandakan minimnya literasi masyarakat terkait apa itu Bank Indonesia, siapa Bank Indonesia, apa tugas Bank Indonesia dan sebagainya. Penamaan "Bank" pada Bank Sentral kita ini membingungkan masyarakat awam karena anggapan mereka bahwa yang namanya "bank" itu pasti melakukan transfer dll layaknya "bank" pada umumnya. Jelas ini bukan PR Bank Indonesia saja, tapi kita semua.

Bank Indonesia telah menyebarkan informasi ini pada seluruh media social yang ada, namun bagaimana dengan masyarakat yang tidak tahu menahu tentang media social? Jelas mereka akan ketinggalan info penting ini dan menjadi sasaran empuk bagi penipu-penipu diluar sana.

Perlu diluruskan kepada orang-orang terdekat kita, terutama mereka yang tidak menggunakan social media, bahwa "Bank Indonesia bukan Perbankan".

Bank merupakan lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. Singkatnya kegiatan para perbankan ini meliputi funding, lending dan service. Sedangkan Bank Indonesia tidak melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Bank Indonesia tugasnya menjaga stabilitas harga dan nilai tukar di negara kita tercinta, Indonesia.

Lebih jelasnya, teman-teman bisa mengunjungi tulisanku yang lain terkait Bank Indonesia dengan perbankan : Bank Indonesia Vs Bank Central Asia

Jadi jika ada transfer dari rekening atas nama Bank Indonesia, sudah jelas hal tersebut merupakan penipuan. Dengan kita tahu hal kecil ini, dan membagikan kepada orang sekitar, kita sudah menyelamatkan mereka dari hal yang tidak diinginkan seperti "penipuan".

Yuk sama-sama aware! Langkah kecil yang akan menyelamatkan orang-orang tersayang kita dari para penipu!

semangat berbagi informasi!

VIDEO PILIHAN