Mohon tunggu...
Nurul Amalia
Nurul Amalia Mohon Tunggu... Berbagi tanpa mengurangi

Semua tulisan ini saya dedikasikan untuk semua teman-teman yang mencari sumber referensi bacaan tentang ekonomi dan hal lainnya. Kesulitan saya untuk mencari sumber bacaan yang sesuai dengan yang saya inginkan mendorong saya untuk tetap menulis di sini. Terima Kasih kepada Bapak Adhitya Wardhono yang telah mengajak mahasiswanya untuk menulis.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Jangan Sakiti Rupiah dengan "5 JANGAN"

15 September 2020   18:16 Diperbarui: 15 September 2020   18:20 26 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Sakiti Rupiah dengan "5 JANGAN"
picsart-09-15-06-08-30-5f60a1b5097f362104324e88.jpg

Halo teman-teman, kali ini aku akan berbagi informasi mengenai “Bagaimana memperlakukan Rupiah tercinta kita”. Sedikit cerita ya, Rupiah kita itu sebelum sampai ditangan kita, ia melewati proses yang sangat panjang lo, masak kalian tega menyakitinya.

Pasal 25 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, setiap orang dilarang untuk merusak, memotong, menghancurkan, dan/atau mengubah Rupiah dengan maksud merendahkan kehormatan Rupiah sebagai simbol negara. Sanksi atas pelanggaran ketentuan tersebut adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar Rupiah). www.Bi.go.id

Oke langsung aja, berikut tips agar kita tidak jadi manusia yang suka menyakiti Rupiah:

1. JANGAN DILIPAT

Yang dompetnya masih lipetan, ayo buruan ganti ke dompet yang bisa buat menaruh uang secara lurus. Oiya, ini juga berlaku untuk temen-temen yang masih suka nabung di celengan ayam ya. Untuk masalah tabung menabung, teman-teman bisa mulai dengan menabung uangnya di bank. Lalu bagaimana dengan teman-teman yang masih SD? Sekarang sudah ada lo tabungan anak, namanya “SIMPEL atau Simpanan Pelajar, disana teman-teman bisa menabung dengan hanya nominal Rp. 2000 saja loh.

2. JANGAN DICORET

Siapa disini yang masih suka nulis nomor Handphone di uang kertas kita hayoo! Jangan lagi ya, karena hal itu akan merusak Rupiah. Kalau mau nyari teman atau pasangan, bisa langsung buat akun social media dan cari teman atau pasangan yang kalian inginkan dan tentunya yang menginginkan kalian, oke?

Atau buat kalian yang suka gambar-gambar di Uang kertas, hmmm! Kalian bisa menggambar di kertas atau di software yang tersedia di gadget atau lapto kalian. Hal itu selain tidak menyakiti rupai, teman-teman juga dapat menghasilkan uang dengan karya teman-teman yang sangat mempesona. hehehe

3. JANGAN DISTAPLER

Untuk memudahkan perhitungan, ternyata masih banyak sekali lo yang menstapler uang. Teman-teman bisa memulai dengan menggunakan kertas untuk memudahkan pengelompokan atau perhitungan. Ada cara lebih mudah lagi, yaitu dengan Cashless, siapa yang belum nyoba cashless, yuk dicoba.

4. JANGAN DIREMAS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN