Oleh: Syamsul Yakin & Jihan Rifda Amalia
Dosen & Mahasiswa UIN Jakarta
Keberhasilan dakwah tidak hanya ditentukan oleh teknologi dan strategi, tetapi juga oleh efektivitas bahasa retorika. Tiga aspek utama dalam pengembangan retorika dakwah adalah: Â
Pertama, Menggunakan bahasa yang sesuai dengan KBBI untuk kejelasan pesan. Bahasa asing, gaul, atau daerah dapat digunakan sebagai selingan untuk meningkatkan keterhubungan dengan audiens.
Kedua, Informasi harus berdasarkan fakta yang dapat diverifikasi, sehingga meningkatkan kredibilitas dakwah.
Ketiga, Berbasis Riset. Dakwah yang didukung penelitian memberikan wawasan lebih mendalam dan argumentasi yang kuat. Â
Keberhasilan dakwah bergantung pada berbagai faktor, salah satunya adalah efektivitas bahasa retorika dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Dengan mengutamakan penggunaan bahasa baku, berbasis data, dan berbasis riset, dakwah dapat menjadi lebih informatif, menarik, dan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat.Â
Selain itu, pemanfaatan teknologi dalam penyebaran dakwah juga berperan penting dalam menjangkau lebih banyak orang dan meningkatkan daya tarik pesan yang disampaikan.Pendekatan ini menjadikan dakwah lebih menarik, informatif, dan relevan bagi masyarakat.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI