Mohon tunggu...
Amalia Nirmala Putri
Amalia Nirmala Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN Undip Tim II

Mahasiswa KKN Undip Tim II Periode 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Hand Sanitizer Touchless dari Pipa Paralon

30 Juli 2021   13:24 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:44 114 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan Hand Sanitizer Touchless dari Pipa Paralon
Foto: Dokumentasi Pribadi

Gedawang (27-7-2021) -- Kegiatan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 2 Undip 2021 telah memasuki minggu ke-4.

Seperti yang dilakukan mahasiswa KKN Tim 2 UNDIP 2021. Mahasiswa Program Studi Teknik Industri UNDIP ini mengikuti KKN dengan tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kuliah Kerja Nyata" dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Khairul Anam, S. Si., M. Si, selama 45 hari melakukan berbagai kegiatan KKN di Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Setelah kegiatan KKN berlangsung selama 4 minggu dengan berbagai kegiatan sebelumnya, salah satu mahasiswa Undip, Amalia, melakukan kegiatan pembuatan alat hand sanitizer sistem injak menggunakan pipa paralon. Dengan pembuatan alat hand sanitizer injak ini, diharapkan bahwa alat ini dapat digunakan oleh warga sekitar yang mengharuskan melakukan aktivitas diluar ruang dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Dalam pembuatan alat ini, warga antusias dalam membantu pengerjaan. Beberapa warga RT 4 ikut hadir untuk membantu proses pembuatan, bahkan beberapa ibu-ibu datang untuk mengabadikan kegiatan mahasiswa KKN dan warga dalam pembuatan hand sanitizer. Pemasangan alat di area RT 4 disebarluaskan di grup whatsapp, banyak warga yang merasa terbantu dengan penambahan alat hand sanitizer injak di lingkungan mereka, "Terima kasih mahasiswa KKN, tambah komplit sarana untuk memerangi virus Covid-19, semoga semua tetap sehat.", ujar Ibu Asrini, warga RT 4 Gedawang.

Hand Sanitizer Touchless merupakan alat yang digunakan untuk hand sanitizer dengan sistem injak yang berfungsi untuk menjaga kebersihan tangan dari berbagai virus dan kuman tanpa tercemar tangan orang lain yang menggunakan alat yang sama. Prinsip kerjanya sederhana, pengguna tinggal menekan pedal kaki untuk mengeluarkan cairan disinfektannya tanpa menyentuh botol menggunakan tangan.

Penulis : Amalia Nirmala Putri

DPL : Dr. Khairul Anam, S. Si., M. Si.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN