Mohon tunggu...
amalia nabil
amalia nabil Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Amalia Nabil Putri Nada

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pentingnya Kesehatan Mental bagi Anak Usia Dini

10 April 2022   15:19 Diperbarui: 10 April 2022   15:33 188 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kesehatan pada mental manusia sangat penting untuk dijaga. Terlebih lagi jika dilakukan pada anak usia dini agar kedepannya anak tersebut tidak memiliki penyakit mental yang sangat membahayakan bagi kelangsungan hidupnya. Banyak kasus yang terjadi penyakit mental yang diidap oleh remaja. Kebanyakan dari remaja ini korban dari pembullyan yang dilakukan oleh teman kelas, lingkungan, bahkan dari keluarganya sendiri. Hal tersebut mengakibatkan trauma yang mendalam bagi korban dan dari kejadian itu banyak remaja yang memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan alasan tidak kuat menghadapi perkataan dari pelaku.

Agar kasus seperti ini tidak lagi terjadi,hendaknya sebagai orang tua, dapat menjaga kesehatan mental anak-anaknya pada anak usia dini. Kunci anak agar tetap bahagia dan sehat adalah dengan melatih mentalnya. Peran orang tua sangat penting untuk menjaga kestabilan mental anak-anaknya.

Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya terkena penyakit mental yang sangat mengganggu kelangsungan hidup buah hatinya. Maka dari itu orang tua disini sebagai element penting dalam menjaga kesehatan pada anak. Dengan cara pendekatan kepada buah hati agar orang tua lebih paham apa yang diinginkan atau apa yang dialami oleh buah hatinya.

Beberapa kasus remaja bunuh diri disebabkan oleh depresi akut yang ternyata sudah diidap sejak mereka masih berumur 6 tahun. Hal tersebut dikarenakan orang tua dan remaja ini tidak memiliki kedekatan antara orang tua dan anak. Sebenarnya hal ini dapat diminimalisir dengan lebih dekat lagi hubungannya antara anak dan orang tua.

Depresi pada remaja juga mengakibatkan remaja tersebut mengalami gangguan kejiwaan. Hal ini lagi-lagi disebabkan pembullyan. Pembullyan yang sangat parah adalah dilingkungan sekolah. Korban tidak memberanikan diri untuk menceritakan hal ini kepada pihak sekolah atau keluarga. Mungkin dari pelaku mengancam kepada korban, jika mengadu akan melakukan pembullyan yang lebih kejam dari yang dilakukan sekarang.

Sangat miris jika dilihat pergaulan yang ada di Indonesia. Kasus seperti ini memang harus segera diselesaikan. Agar hal seperti ini tidak terjadi lagi di Indonesia. Maka dari itu kesehatan mental harus dijaga mulai anak usia dini. Sebagai orang tua juga memperhatikan tumbuh kembang buah hatinya, agar mengatahui jika terjadi sesuatu.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental bagi anak usia dini. Agar buah hati memiliki kesehatan mental yang stabil, sebagai orang tua harus menjaga dan memperhatikan kesehatannya. Orang tua dapat menumbuhkan kepercayaan kepada anak-anak. Menumbuhkan kepercayaan ini sangat penting bagi kesehatan mental. Anak menjadi merasa aman karena mereka merasa ada yang melindungi dan memiliki tempat untuk bersandar dan berkeluh kesah sehingga tidak memiliki pribadi insecure.

Membina hubungan yang baik dengan anak sangat pentingnya. Cara membina hubungan dengan baik salah satunya ialah komunikasi baik. Hal yang tidak boleh dilakukan saat berbicara dengan anak adalah menggunakan kalimat yang dapat menyakitkan hati anak. Hal itu dapat memicu sakit hati anak kepada orang tua. Alternatif lainnya adalah melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti membaca buku, menggambar, mewarnai, atau bermain, kegiatan seperti ini dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Berbeda antara menumbuhkan kepercayaan dan meningkatkan kepercayaan. Meningkatkan kepercayaan diri bagi anak-anak itu perlu. Sebagai orang tua dapat memberikan pujian kepada anak-anak saat mereka melakukan sesuatu. Jangan pernah melarang anak-anak untuk melakukan hal apapun. Biarkan mereka mengeksplorasi dunianya, sebagai orang tua hanya mengarahkan dan menumbuhkan kepercayaan.

Orang tua bisa mengajarkan anaknya untuk meredakan stress. Sebagai orang tua, harus memahami saat buah hatinya terlihat stress. Hal yang bisa dilakukan saat melihat anaknya stress adalah dengan mendekatkan diri kepada si buah hati dengan bercerita tentang hal-hal yang menarik. Dengan hal-hal yang menarik bisa meredakan stress pada anak-anak. Dengan sedikit pemanis seperti snack, minuman hangat akan menumbuhkan kedekatan dengan sang buah hati dan dapat meredakan stress anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan