Mohon tunggu...
Amalia Kurnia Rahmah
Amalia Kurnia Rahmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa KKN Undip Lakukan "Gemarikan" dengan Kenalkan Produk Diversifikasi Perikanan Sempol Ikan

7 Agustus 2022   13:30 Diperbarui: 7 Agustus 2022   15:13 210 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tingkatkan Pemenuhan Gizi Sejak Dini! Mahasiswa KKN Undip Lakukan "Gemarikan" dengan Kenalkan Produk Diversifikasi Perikanan Sempol Ikan Kepada Siswa-Siswi SDN Sambiroto 03 Semarang

Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya pemahaman akan manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan dan kecerdasaran, sehingga menyebabkan rendahnya tingkat konsumsi ikan terutama pada anak-anak. Faktor yang menyebabkan terjadinya kekurangan gizi pada anak yaitu kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi.

Salah satu sumber makanan yang mengandung gizi tinggi yaitu ikan. Gizi yang terkandung didalam daging ikan diantaranya seperti protein, vitamin, asam amino, mineral, kandungan lemak tak jenuh, minyak ikan serta omega 3, 6 dan 9.

GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan upaya untuk memotivasi kepada masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan dengan teratur, guna meningkatkan kebutuhan gizi terutama pada anak-anak. Gerakan ini juga menjadi salah satu program nasional yang dirancang oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak tahun 2004. 

Kenapa harus makan ikan? Karena didalam daging ikan terdapat kandungan gizi yang tinggi, berperan penting dalam peningkatan gizi, mengurangi resiko penyakit hingga dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan edukasi ini ditujukan kepada siswa-siswi kelas 4 SDN Sambiroto 03 sebanyak 27 anak, secara langsung pada Selasa (19/07/2022) dengan memaparkan manfaat pentingnya mengkonsumsi ikan bagi kesehatan, mengenal jenis-jenis ikan konsumsi (ikan air tawar, ikan air laut) dan kandungan yang terkandung didalamnya, serta lebih mengenal produk diversifikasi perikanan diantaranya seperti nugget ikan, sempol ikan, bakso ikan, pempek, sosis ikan, abon ikan dan sebagainya. 

Sosialisasi ini juga diselingi dengan adanya quiz yang kemudian diberi hadiah kepada siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan, menayangkan video menarik serta menyanyikan lagu anak "Ayo Makan Ikan"

Dokpri
Dokpri

Pengenalan produk diversifikasi perikanan pada sosialisasi ini berupa sempol ikan patin ditujukan supaya anak-anak lebih tertarik dengan adanya inovasi hasil olahan perikanan. Tujuan utama pengenalan produk ini yaitu untuk memperkenalkan produk hasil perikanan tidak hanya berupa ikan goreng ataupun ikan bakar yang dapat menimbulkan rasa bosan kepada anak-anak.

Sempol telah menjadi salah satu jajanan 'idola' yang digemari oleh berbagai kalangan, terutama pada anak-anak sekolah karena jajanan ini mudah ditemui dan memiliki rasa yang lezat. Sempol mempunyai rasa yang kenyal karena jajanan ini berbahan dasar tepung tapioka, dengan bentuk lonjong yang ditusukkan menggunakan tusuk sate.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan