Mohon tunggu...
Amad Sudarsih
Amad Sudarsih Mohon Tunggu...

Pengurus CLICK (Commuter Line Community of Kompasiana), Ketua RailSafer (Indonesian Railway Safety Care), Inisiator KOMPAK (Komunitas Pecinta Kereta Api), 2006-2015 fokus sbg jurnalis perkeretaapian, tiap hari naik KRL, tinggal di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Aneka Bangku Penumpang di Stasiun KRL

16 Oktober 2015   19:47 Diperbarui: 16 Oktober 2015   20:04 1546 11 6 Mohon Tunggu...

Setiap stasiun memiliki kekhasan bangku tunggu yang terdapat di peron. (Foto: Amad S)

Bangku tunggu di peron stasiun ternyata juga merepresentasikan perkembangan suatu stasiun. Coba kita cermati dari bentuk bangku yang ada di peron stasiun. Saat ini para pengguna KRL Commuter Line yang singgah di Stasiun Manggarai akan melihat pemandangan baru. Ya, ada yang unik dengan bangku tunggu penumpang yang ada di jalur 3-4 dan 5-6. Bangku besi berkaki dua dengan 3 batang besi sepanjang 2 meter dengan tinggi sekitar 1 meter terpasang di tengah-tengah peron. Sebagai benda baru, penumpang pun sebagian masih awam dengan bangku model baru tersebut. Ada yang mengira tempat Koran, ada juga yang mengira tiang jemuran (ya pasti bukanlah. Mana ada jemuran di peron stasiun).

Beginilah posisi duduk dengan bangku baru ala Jepang. (Foto:Amad S)

Lucunya lagi saya pernah menjumpai seorang penumpang nongkrong naik di bangku baru dengan kaki berpijak di batang besi. Sontak, seorang PKD (Petugas Keamanan Dalam) stasiun menegurnya dari kejauhan, menyuruhnya turun. Ya, maklum barang baru kali bagi dia.

Tapi lama-lama, penumpang akhirnya familiar juga dengan bangku baru ala Jepang. Meskipun tak senyaman bangku yang ada sebelumnya, namun setidaknya bisa untuk menyandarkan pantat mengurangi kepenatan sejenak. Kayaknya kalau dengan bangku yang baru ini, orang tidak akan lama-lama menggunakannya sehingga bisa bergantian dengan penumpang lainnya. Bandingkan dengan bangku yang lama, kalau sudah duduk rasanya enggan beranjak sebelum kereta yang akan dinaikinya datang. Bahkan terkadang ada yang egois tak mau bergantian atau mempersilakan yang prioritas, karena sudah enak duduk manis sambil main hape.

Kalau kita perhatikan, di setiap stasiun bangku tunggu untuk penumpang memiliki bentuk yang beragam. Dari yang sederhana dari bekas rel, bangku tua jaman Simbah kita sampai yang model terbaru. Saya pun sejak lama tertarik untuk mengabadikan beragam bangku di setiap stasiun.

Ini dia beberapa ragam bentuk bangku di peron stasiun yang terpasang di beberapa stasiun KRL di Jabodetabek.

 

Bangku Ala jepang

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x