Mohon tunggu...
Amabella Charita
Amabella Charita Mohon Tunggu... Mahasiswi

Salam kenal semuanya..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dirgahayu Bank Indonesia Ke-67 dan Info Mengenai QRIS

2 Juli 2020   21:25 Diperbarui: 1 November 2020   07:48 66 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dirgahayu Bank Indonesia Ke-67 dan Info Mengenai QRIS
whatsapp-image-2020-07-02-at-4-02-19-pm-5eff5742d541df0887125de2.jpeg

Bank indonesia yang didirikan pada tanggal 1 Juli 1953, saat ini tepat berumur 67 tahun bersinergi membangun Negeri.

Saya selaku perwakilan dari GenBI Balikpapan mengucapkan Selamat Ulang Tahun Bank Indonesia yang Ke-67. Semoga Bank Indonesia terus menjadi Bank Sentral Republik Indonesia yang terus berinovasi untuk kemajuan perekonomian di Indonesia.

Menurut saya, 3 kata di atas merupakan kata yang menggambarkan Bank Indonesia.

- Kuangan (kata yang terdapat pada salah satu Misi Bank Indonesia), yaitu turut mengembangkan ekonomi dan keuangan baik digital mapupun syariah di tingkat nasional hingga tingkat daerah.
- Independensi demi mewujudkan pengendalian moneter yang efektif dan efisien serta diimbangi dengan pelaksanaan akuntabilitas dan transparansi (dalam hal ini BI adalah badan hukum yang independen dalam melakukan tugas dan wewenangnya serta bebas dari campur tangan Pemerintah dan atau pihak lain).
- Stabilitas, yaitu menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, dan stabilitas sistem pembayaran.

jaringan-prima-qris-web-1875x1110-5eff57bed541df2fbc684dc3.jpg
jaringan-prima-qris-web-1875x1110-5eff57bed541df2fbc684dc3.jpg
Salah satu inovasi Bank Indonesia saat ini adalah QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang merupakan penyatu dari berbagai macam QR Code. Hal ini sangat memudahkan sistem pembayaran non-tunai, apalagi di tengah masa pandemi. Sehingga, saat ini gerai-gerai makanan atau toko favorit kalian cukup menggunakan satu QR Code yaitu QRIS untuk segala aplikasi pembayaran yang kita gunakan.

QRIS sendiri dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS memiliki manfaat yaitu memberikan keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi serta efisien karena transaksi menjadi lebih cepat dan mendukung kelancaran pembayaran. Cara Bertransaksi dengan QRIS pun mudah, pertama pilih dan buka aplikasi yang kita miliki. Lalu scan QRIS (jangan lupa periksa nama merchantnya), kemudian isi nominal yang ingin dibayarkan. Selesai

Semoga dapat mengedukasi kita semua dan bermanfaat. Stay safe, stay health, and stay home.

Terima kasih, selamat beraktivitas.

Bank Indonesia! Bersinergi untuk Negeri

VIDEO PILIHAN