Mohon tunggu...
Amabella Charita
Amabella Charita Mohon Tunggu... Mahasiswi

Salam kenal semuanya..

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips and Trick Mendapatkan Beasiswa dari BI (Bank Indonesia)

25 Juni 2020   22:23 Diperbarui: 25 Juni 2020   22:38 541 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips and Trick Mendapatkan Beasiswa dari BI (Bank Indonesia)
sains.kompas.com

Halo semuanya.. Apa kabarnya nih? Semoga sehat semua ya, untuk yang lagi sakit semoga segera disembuhkan.

Sebelumnya sudah pada baca postinganku mengenai proker dari LH GenBI Balikpapan? Buat yang sudah baca, pasti tahu deh apa yang saya janjikan untuk postingan selanjutnya. Yes benar banget tuh, saya bakal sharing mengenai Tips and Trick versi Abel untuk lolos dan mendapatkan beasiswa dari Bank Indonesia serta bergabung di Komunitas GenBI. Penasaran?  Baca sampai habis ya..

Beasiswa dari Bank Indonesia tersebar di berbagai daerah dan tentunya selalu jadi beasiswa incaran para mahasiswa/i yang sedang berkuliah. Selain mendapatkan beasiswa senilai Rp6.000.000,- per semester, kita juga akan tergabung pada komunitas yang bernama GenBI (Generasi Baru Indonesia), nantinya kita juga akan menjalani beberapa program kerja sesuai dengan divisi masing-masing, kalau saya sendiri karena basic nya cinta lingkungan, saya bergabung dengan divisi Lingkungan Hidup GenBI Balikpapan.

Okay, let's start (semua saya ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi ya guys):
Untuk info lebih lanjut, kalian jangan lupa follow official account dari Bank Indonesia (BI) atau cabang BI di wilayah masing-masing agar kalian tidak ketinggalan informasi-informasi terkait penerimaan beasiswa Bank Indonesia. Saat pendaftaran mulai dibuka, kalian baca baik-baik apa saja yang harus dipersiapkan. 

Seleksi berkas merupakan tahap awal penyeleksian, jadi kita harus benar-benar mempersiapkan segalanya dengan baik jangan sampai ada hal- hal yang terlewat. Berkas yang dibutuhkan saat seleksi Beasiswa Bank Indonesia Cabang Balikpapan Tahun 2020 adalah:
1. Formulir Permohonan Beasiswa Bank Indonesia (BI)
2. Biodata Form A.1 Bank Indonesia
3. Photo terbaru berwarna ukuran 3x4
4. Fotokopi identitas diri KTM atau SIM
5. Fotokopi KTM yang telah dilegalisasi
6. Surat Keterangan Aktif Kuliah (Asli) dari Perguruan Tinggi
7. Melampirkan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisasi
8. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain bermaterai Rp6.000,-
9. Fotokopi motivation letter dalam bahasa Indonesia
10. Surat Rekomendasi dari Program Studi
11. Fotokopi buku rekening aktif BNI
12. Bagi yang memiliki surat keterangan tidak mampu dapat dilampirkan
13. Berkas dimasukkan dalam map berwarna Hijau dan dituliskan identitas
Kurang lebih ini yang harus kalian persiapkan. Memang banyak, tapi percaya guys insyaAllah usaha tidak akan mengkhianati hasil dan Allah akan memberikan jalan bagi hamba-Nya yang mau berusaha.

Saran dari saya, isilah Biodata Form A.1 dan motivation letter dengan jujur dan semenarik mungkin ya. Jangan ada dusta diantara kita ceileh hehe. Bagus banget buat kalian yang mempunyai banyak pengalaman baik perlombaan maupun organisasi saat di bangku sekolah (cantumin di motivation letter kalian ya). Beruntunglah kalian yang membaca tulisan ini karena ada beberapa tips nih untuk membuat motlet dari saya. 

Pertama, pembukaan dulu pastinya, seperti Yth. Bapak/Ibu Panitia Seleksi Penerima Beasiswa Bank Indonesia (BI). Lalu, lanjut ke apa maksud kita untuk membuat motivation letter tersebut, setelah itu masuk deh ke perkenalan mulai dari nama, tempat tanggal lahir, nama ayah dan ibu, hingga nama saudara (jika memiliki). 

Paragraf berikutnya, masukan pengalaman berorganisasi dan prestasi apa yang pernah dicapai selama hidup. Di akhir, tulis kata penutup untuk meyakinkan kenapa kita harus dipilih dan sebutkan alasan kenapa kalian ingin mendapatkan beasiswa.

Kemudian, akan ada tes wawancara (alhamdulillah proses ini dapat berjalan dengan lancar karena kami diwawancarai sebelum adanya pandemi di Balikpapan).

Pada tahap ini, kita harus mempersiapkan otak kita dengan baik, pahami diri sendiri terlebih dahulu kemudian pahami juga mengenai wawasan kebanksentralan. 

Mungkin beberapa ada yang tidak mendapatkan pertanyaan tentang kebanksentralan, tetapi alangkah baiknya jika kita mempersiapkan semuanya dengan matang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x