Mohon tunggu...
Aly Imron DJ
Aly Imron DJ Mohon Tunggu... wartawan & wiraswasta -

Tuhan Tidak Tidur (Gusti Mboten Sare). email: alyimrondj@yahoo.com, Hp. 085866940999

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Surat Terbuka untuk Raja Salman Bin Abdul Aziz

16 September 2015   11:52 Diperbarui: 16 September 2015   12:21 203 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Surat Terbuka untuk Raja Salman Bin Abdul Aziz
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Seperti biasanya setiap Minggu Kliwon atau yang kemarin bertepatan dengan tanggal 13-9-2015, penulis secara rutin mengasuh Pengajian Ahad Pagi di Majid Hidayaturrahman  Kelurahan Bangetayu Wetan, Kota Semarang. Pengajian yang diikuti seratusan kalangan Ibu-ibu ini  seperti biasanya dimulai jam 09 pagi dengan pembacaan Sholawat, tahlil, pembacaan surat Yasin, Surat Waqiah, dilanjutkan Tausiah dan ditutup dengan do'a.

Saat mulai memberikan Tausiah, terlebih dahulu penulis memberikan informasi bahwa sudah  terjadi musibah di kompleks Masjidil Haram Makkah Al Mukarromah yaitu jatuhnya Crane (alat berat) untuk pembangunan yang menimpa ratusan calon Jamaah Haji yang menyebabkan korban wafat dan luka-luka. Mendengar informasi ini sebagian besar jamaah tertegun,  tertunduk larut dalam kesedihan dan duka.

Saat itulah penulis mengajak jamaah membacakan surat Al Fatihah kepada para korban semoga yang wafat menjadi syahid, yang luka-luka segera diberi kesembuhan dan bisa melanjutkan ibadahnya serta keluarganya dianugerahi kesabaran. Selanjutnya bacaan Talbiyah juga dikumandangkan; Labbaik Allhumma Labbaik, Labbaika La Syarikalalabaik, Innal Hamda Wanikmata laka wal Mulka La syarikalaka.

Lantunan Talbiyah itu secara otomatis menjadi wujud empati dan simpati Jamaah kepada korban dan keluarganya yang dipastikan sedang berada dalam duka  sangat mendalam.  Dalam kondisi inilah tidak sedikit jamaah yang sangat terharu sampai bercucuran air mata membayangkan duka lara yang sedang membuncah di dada keluarganya.

Sungguh hikmah selalu hadir dibelakang, janji Allah Ta'ala pasti ditunaikan seperti dinyatakan dalam firman-Nya: "Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan ada Kemudahan" (QS. Alam Nasrah 5-6). Ditengah duka yang masih mendalam,  Pemerintah (kerajaan ) Arab Saudi  memberikan kabar yang bisa menjadi pelipur lara.

Adalah Raja Salman Bin Abdul Aziz (Raja Arab Saudi) yang telah memberikan simpati dan perhatian besar kepada para Tamu Allah Ta'ala yang menjadi korban jatuhnya Crane. Raja Salman memberikan instruksi langsung kepada otoritas  Arab Saudi untuk memberikan santunan dan kebijaksanaan yaitu: 

a. Bagi korban yang wafat  maka diberikan santunan sebesar 1 juta Riyal Arab Saudi atau sebesar 3, 8 Milyar  Rupiah. Jumlah santunan ini juga berlaku sama bagi Koban berat atau mengalami cacat tetap (seumur hidup).

b. Bagi Korban yang tidak mengalami kecacatan tetap, diberikan santunan 500 ribu Riyal atau sebesar 1,9 Milyar Rupiah.

c. Mengundang dua orang keluarga korban yang meninggal untuk menjadi Tamu Raja Salman bin Abdul Aziz dan sekaligus melaksanakan Ibadah Haji pada tahun depan 1437 H/ 2016 M.

d. Bagi keluarga korban yang akan mengunjungi keluarganya yang masih di Rumah Sakit maka pemerintah Arab Saudi akan memberikan visa khusus, untuk keberangkatan dan kepulangannya.

Itulah wujud simpati, kepedulian dan besarnya penghormatan Raja Arab Saudi demi  'memuliakan' para tamu Allah Ta'ala yang tertimpa musibah. Kita tentu tidak terlalu elok jika terus larut dalam perdebatan  saling menyalahkan dalam insiden tersebut. Pasca peristiwa yang memilukan itu yang terbaik bagi semuanya  adalah kemauan bermuhasabah (mengevaluasi) diri bagi perbaikan di masa depan. Tidak ada musibah yang terjadi tanpa 'seizin' sang Pemilik Langit dan Bumi beserta seluruh isinya untuk selamanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan