Mohon tunggu...
Alya Kania
Alya Kania Mohon Tunggu... Jurnalis - is typing...

typing typing typing

Selanjutnya

Tutup

Politik

Saatnya Ganjar Bilang

12 Mei 2022   20:09 Diperbarui: 13 Mei 2022   07:27 707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pernah suatu ketika, ada pemain sepakbola di Liga Inggris. Mario Balotelli namanya. Saat bermain di Manchester City, ia kerap dicaci. Tidak bisa membuat gol, dia yang disalahkan. Timnya kalah, dia juga yang jadi sasaran. Pokoknya semua salah dia lah.

Saat melawan Manchester United, Super Mario berhasil melesakkan gol dan membuat timnya menang. Selebrasinya cukup unik. Ia menunjukkan tulisan di kaos dalam yang dikenakan. Why always me?

Kalimat itu langsung viral. Banyak pengamat sepakbola menilai, itu bentuk sindiran Mario pada semua orang yang mencibirnya. Bahwa sepakbola itu permainan tim. Tak adil jika semua kesalahan hanya ditujukan padanya.

Kisah Mario Balotelli ini mungkin sama dengan yang dialami Ganjar Pranowo saat ini. Setiap hal yang buruk terjadi di Jawa Tengah, selalu saja Ganjar yang disalahkan.

Terbaru soal angka kemiskinan. Saat BPS merilis bahwa angka kemiskinan Jateng naik, semua orang menyalahkan Ganjar. Seolah hanya dia yang paling bertanggungjawab pada soal itu.

Orang lupa, bahwa Jawa Tengah ibarat tim sepakbola. Ada 35 pemain di dalamnya. Bupati/wali kota yang semuanya punya tanggungjawab yang sama. Membawa Jawa Tengah memenangkan pertandingan melawan kemiskinan.

Lucunya, salah satu pihak yang nyinyirin Ganjar soal kemiskinan ini adalah Puan Maharani. Ketua DPP PDIP itu heran, kenapa di Jateng angka kemiskinan tinggi. Bahkan saking miskinnya, Puan bilang banyak wong Jateng sampai nggak bisa mandi.

Pernyataan Puan ini jelas sindiran keras untuk Ganjar. Secara tak langsung, Puan ingin mengatakan bahwa Ganjar tak becus urus Jawa Tengah. Ia ingin menyampaikan ke publik, kalau Ganjar tak pantas jadi capres.

Tengok saja bagaimana publik menanggapi pernyataan Puan ini. Seperti mendapat umpan lambung, mereka begitu semangat melesakkan 'tendangan-tendangan' ke arah Ganjar.

Rocky Gerung dan Rizal Ramli misalnya. Dua tokoh yang langganan menyerang Ganjar ini ikut angkat bersuara. Seperti kompor meleduk, Rocky dan Rizal menyambar pernyataan Puan untuk menyerang Ganjar.

Dalam narasinya, duo 'R' yang selalu bikin heboh ini menyebut ada yang kebelet nyopras-nyapres, ancang-ancang jadi boneka baru oligarki modal polling berbayar dan media berbayar, sementara Jawa Tengah termasuk provinsi termiskin di pulau Jawa sejak dipimpin Ganjar Pranowo.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun